BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Vivo

Beda Gaya Traveling, Beda Pula Akomodasinya...

Kompas.com - 12/12/2018, 08:29 WIB
Ilustrasi menginap saat traveling.Shutterstock Ilustrasi menginap saat traveling.

KOMPAS.com - Sudah hampir satu jam Milla (21) mengecek  smartphone-nya. Jempolnya terus menerus scrolling layar sambil sesekali berhenti, membaca informasi di salah satu website perjalanan yang tertera. 

Menjelang lulus kuliah, Milla dan teman-temannya berencana traveling bersama ke luar kota. Traveling tersebut direncanakan dengan matang agar menjadi pengalaman bersama yang seru.

Sekarang, tugas Milla untuk persiapan traveling itu yakni mencari tempat menginap yang nyaman sekaligus sesuai "budget mahasiswa" mereka.

Untuk berlibur, pertimbangan pilihan akomodasi memang tak kalah penting. Tempat menginap yang nyaman nyatanya bisa mempermudah perjalanan. 

Contohnya, istirahat jadi lebih nyaman karena kamar laik, fasilitas sarapan yang membuat diri tak repot cari makanan, atau lokasi akomodasi dekat dengan akses transportasi umum.

Bila Anda hendak traveling seperti Milla, ada beberapa jenis akomodasi yang bisa dipertimbangkan sebagai tempat menginap. Berikut jenis-jenisnya yang dapat dipahami dengan seksama.

Hotel

Hotel merupakan jenis akomodasi  populer. Hampir setiap kota, apalagi kota besar yang menjadi destinasi wisata populer memiliki beragam hotel. 

Fasilitasnya cukup lengkap, seperti kamar mandi dalam, jasa housekeeping dan room service, antar-jemput bandara, dan sarapan. Belum lagi bila ada jasa laundry dan fasilitas untuk kebugaran seperti fitness, spa, dan kolam renang.

Dilansir dari goabroad.com, banyak hotel keluaran franchise besar memiliki standar yang sama sehingga kontrol kualitas untuk segala fasilitas dan kenyamanannya terjamin. Hotel menjadi akomodasi  tepat jika Anda rela membayar lebih untuk keamanan, kenyamanan, dan ingin mengakomodasi keperluan bisnis.

Walau begitu, jika niat Anda di tempat baru untuk berlibur dan merasakan kultur daerah tersebut, hotel menjadi tempat menginap yang kurang tepat. Selain itu, harga hotel umumnya lebih mahal dibandingkan tipe penginapan lain.

Hostel

Hostel biasanya identik dengan para budget travelers yang ingin hemat. Biasanya, kamar hostel terdiri dari kasur bertingkat, kamar mandi bersama, locker backpack, dan ruangan bersama seperti ruang tv dan dapur. 

Ilustrasi tempat tidur di hostel.Shutterstock Ilustrasi tempat tidur di hostel.
Namun, ada juga hostel yang menawarkan ruangan privat sendiri dengan kamar mandi yang harganya setara dengan budget hotel. Selain itu, hostel pun kini ada yang menyediakan layanan wi-fi dan laundry.

Bagi orang yang senang berkenalan dengan orang baru dan bercengkrama bersama traveler lain, hostel bisa jadi pilihan tepat. Pertimbangannya, Anda harus lebih waspada menjaga barang bawaan saat berada di hostel karena ruangannya semi-privat dan bersama orang-orang yang baru dikenal.

Rental Privat

Masuk dalam kategori ini adalah apartemen, kamar, flat, atau kondominium milik orang lain yang  disewakan selama periode tertentu. Tempat ini umumnya sudah dilengkapi peralatan dapur, kasur, furniture dan peralatan elektronik.

Penyewaanya bisa dilakukan secara individu atau patungan bersama dengan teman yang akan sekamar di ruangan atau apartemen itu. Situs Airbnb.com, contohnya masuk dalam kategori penyewaan ini.

Ilustrasi berkenalan dengan sesama traveller di tempat menginap.Shutterstock Ilustrasi berkenalan dengan sesama traveller di tempat menginap.
Kelebihannya, menyewa penginapan ini cocok ketika traveling berkelompok karena menjadikan privasi lebih terjaga. Ketersediaan fasilitas laundry dan dapur untuk memasak bisa menghemat pengeluaran. Selebihnya, kebersihan dan kerapihan tempat harus dilakukan sendiri karena tidak ada jasa housekeeping.

Setelah menetapkan jenis akomodasi, pastikan pilihan tempat menginap dan fasilitasnya sesuai dengan budget dan mempunyai lokasi yang cocok dengan itinerary atau rancangan perjalanan.

Bagi anak muda atau generasi milenial, tempat menginap bergaya artistik, industrial, atau vintage kerap pula jadi pertimbangan. Selain untuk kenyamanan, visual tempat yang bagus dirasa akan cakap pula untuk menjadi latar berfoto.

Untuk itu, cek foto-foto dan review tempat menginap agar sesuai dengan ekspektasi yang diharapkan. 

Ketika traveling dimulai, jangan lupa juga mengabadikan tempat pilihan menginap dengan foto sebagai momen menyimpan kenangan. Karenanya, gunakan kamera smartphone yang dilengkapi RAM dan ROM berkapasitas luas. 

Smartphone Vivo V11 Fairy Pink misalnya, memiliki RAM sebesar 4GB dan kapasitas penyimpanan 64 GB. Dengan begitu, banyak berfoto dan menyimpan berbagai foto liburan tak jadi masalah.

Smartphone tersebut juga dibekali dengan Fast Charging sehingga tak perlu menunggu lama saat mengisi daya baterai. Smartphone ini bisa didapatkan melalui offline store maupun e-commerce yang ada, seperti di sini.

Supaya perjalanan lancar, pastikan kembali itinerary sudah sesuai dan barang bawaan yang diperlukan lengkap. 

Usai persiapan tersebut dan membandingkan jenis akomodasi, menjatuhkan pilihan tempat menginap yang cocok hendaknya kembali lagi pada kebutuhan traveler.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik: