5 Gunung di Indonesia dengan Hamparan Edelweis Indah

Kompas.com - 12/12/2018, 18:16 WIB
Edelweis di MahameruKOMPAS.com/ANGGARA W PRASETYA Edelweis di Mahameru

KOMPAS.com – Bunga edelweis menjadi salah satu flora khas yang dapat dijumpai ketika melakukan pendakian di beberapa gunung Indonesia. Keindahan bunga edelweis memang begitu menawan ketika sedang mekar.

Bunga yang menjadi simbol keabadian ini hanya tumbuh di pergunungan dengan ketinggian  di atas 2.000 meter di atas permukaan laut (mdpl). Beberapa gunung di Indonesia terkenal karena memiliki hamparan bunga edelweis.

Bunga abadi ini biasanya mekar antara Bulan April hingga Agustus. Ketika mekar, edelweis akan memancarkan warna bunga yang putih-kuning cerah sehingga sangat menyegarkan mata.

Berikut ini 5 gunung di Indonesia yang memiliki hamparan keindahan edelweiss:

Gunung Gede-Pangrango

Hamparan bunga edelweiss bisa ditemui di gunung yang berada di Kabupaten Cianjur dan Sukabumi ini. Terdapat dua hamparan edelweis yang bisa ditemukan di Gunung Gede-Pangrango.

Alun-alun Surya Kencana di Gunung Gede.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Alun-alun Surya Kencana di Gunung Gede.

Di Gunung Gede, padang bunga edelweis berada di Alun-alun Surya Kencana yang berada di selatan puncak. Sementara di Gunung Pangrango, hamparan edelweis berada di Lembah Mandalawangi.

Gunung Merbabu

Padang bungai edelweis bisa ditemukan di gunung setinggi 3142 mdpl ini. Untuk bisa menjumpainya, pendaki harus berjalan sampai kawasan sabana yang bisa dicapai dari jalur selatan, yakni Selo atau Gancik.

Bunga edelweiss di MerbabuKompas.com/Anggara Wikan Prasetya Bunga edelweiss di Merbabu

Setelah sampai sabana sampai ke puncak, nantinya akan dijumpai bunga-bunga edelweis yang bahkan ada di samping jalur pendakian. Hamparan edelweiss paling indah ada di antara sabana satu sampai menjelang puncak.

Gunung Lawu

Gunung yang terletak di perbatasan Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur ini juga memiliki padang edelweis. Untuk bisa menemukannya, pendaki harus berjalan sampai menjelang Puncak Hargo Dumilah.

Bunga Edelweiss di Gunung LawuKompas.com/Anggara Wikan Prasetya Bunga Edelweiss di Gunung Lawu

Selain itu, bunga edelweis juga bisa ditemukan di jalur pendakian via Candi Cetho, tepatnya di sabana pertama sebelum Pos Bulak Peperangan sampai Pasar Dieng.

Gunung Sindoro

Terletak di Provinsi Jawa Tengah, gunung setinggi 3.150 mdpl ini juga memiliki padang edelweis. Lokasi tumbuhnya bunga edelweis paling banyak adalah menjelang puncak dari jalur selatan (jalur Kledung) dan sisi timur.

Bunga Edelweiss di Gunung Sindoro.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Bunga Edelweiss di Gunung Sindoro.

Selain itu, jika mendaki dari Jalur Bansari, Temanggung (dari timur), maka padang edelweis itu akan dijumpai di pos camp ground terakhir sebelum puncak. Hamparan bunga keabadian itu akan langsung menyambut pendaki begitu keluar dari tenda di pagi hari.

Gunung Semeru

Gunung setinggi 3.676 mdpl ini menjadi tujuan utama kebanyakan pendaki di Indonesia bukan hanya karena menyandang predikat sebagai "Atap Pulau Jawa". Keindahan alam di Gunung Semeru juga memikat banyak orang untuk mendatanginya.

Bunga Edelweiss di Gunung Semeru.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Bunga Edelweiss di Gunung Semeru.

Berbagai keindahan mulai dari Ranu Kumbolo, Oro-oro Ombo, hingga hamparan edelweisnya memang menjadi daya tarik tersendiri Gunung Semeru. Khusus untuk bunga edelweis, ia paling banyak bisa ditemukan di antara Pos Jambangan sampai Kalimati.

Selain kelima gunung tersebut, masih ada banyak gunung di Indonesia yang memiliki hamparan keindahan edelweiss, seperti Papandayan di Garut dan Rinjani di Lombok.

Tentu saja bunga simbol keabadian itu bukan untuk dipetik dan dibawa pulang. Keindahan tanaman perintis itu hanya untuk dilihat dan diabadikan melalui lensa kamera saja.



Close Ads X