Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buyutan, Pantai Pasir Putih di Pacitan dengan Legenda Mahkota Dewa

Kompas.com - 13/12/2018, 12:48 WIB
Anggara Wikan Prasetya,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

PACITAN, KOMPAS.com - Kabupaten Pacitan dikenal memiliki barisan pantai pasir putih yang begitu indah di pesisir selatannya. Keindahan itu dimulai dari deretan pantai di sebelah baratnya, salah satunya adalah Buyutan.

Buyutan merupakan pantai ketiga paling barat di Pacitan setelah Pantai Kijingan dan Banyutibo. Lokasinya berada di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Baca juga: 4 Pantai di Pacitan yang Cocok untuk Liburan Akhir Tahun

Jarak tempuh dari Kota Pacitan adalah sekitar 33 kilometer dengan waktu tempuh kurang-lebih satu jam. Rute jalannya searah dengan jalan menuju Gua Gong dan Pantai Klayar. Namun sesampainya di Pasar Kalak, perjalan berlajut ke arah barat.

Jika ditempuh dari Surakarta atau Yogyakarta, jarak tempuhnya kurang-lebih 100 kilometer dengan waktu tempuh sekitar tiga jam. Rute tercepat adalah lewat Kecamatan Pracimantoro kemudian belok selatan di Pertigaan Giribelah ke arah Pantai Nampu.

Menjelang Pantai Nampu, nantinya akan dijumpai percabangan jalan ke arah timur. Cukup ikuti jalan itu dan setelah pos retribusi Pantai Bayutibo, akan dijumpai petunjuk arah menuju Pantai Buyutan.

Kebun kedelai instagramable

Sebelum sampai Pantai Buyutan, Anda akan melewati perkebunan kedelai. Mereka yang baru pertama kali melewatinya kemungkinan besar akan terpukau dengan panorama kebun kedelai, berpadu dengan birunya laut di ujung selatan.

Kebun kedelai ini begitu luas dengan warna hijau bercampur kuning. Keindahannya membuat area perkebunan ini cocok untuk latar berfoto. Pengunjung bisa berfoto sebelum sampai pantai atau sebelum pulang.

Perkebunan kedelai ini biasanya sedang bagus-bagusnya sekitar Bulan April hingga Mei karena curah hujan sudah mulai berkurang. Ketika puncak musim hujan, maka kebun kedelai berubah menjadi areal persawahan.

Perkebunan kedelai akan menyambut wisatawan menjelang sampai Pantai Buyutan.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Perkebunan kedelai akan menyambut wisatawan menjelang sampai Pantai Buyutan.

Setelah melewati perkebunan kedelai atau persawahan, tibalah perjalanan di area parkir pertama Pantai Buyutan. Parkiran ini diperuntukkan untuk bus atau kendaraan besar karena menuju bibir jalannya cukup terjal.

Pengunjung yang tidak berani melewati tanjakan dengan kendaraan bisa parkir di sini. Menuju bibir pantai selanjutnya bisa dilakukan dengan berjalan kaki atau naik ojek seharga Rp 10.000 pulang-pergi.

Pantai Buyutan dari ketinggian

Keindahan Pantai Buyutan bahkan sudah tersaji sebelum perjalanan mencapai tepi laut. Sebelum melewati turunan, Pantai Buyutan terlihat begitu menawan dari ketinggian.

Garis pantai pasir putih memanjang berpadu dengan warna biru air laut dan angkasa, serta perbukitan hijau terlihat begitu indah. Jika membawa lensa tele, maka barisan tebing tepi laut yang memanjang ke arah barat akan turut terlihat menghias pandangan.

Tempat terbaik untuk memandang keindahan Pantai Buyutan dari ketinggian adalah di kawasan tebing sebelah timur sebelum jalan turun. Ujung tebing dengan pemandangan terbuka ke arah Pantai Buyutan dapat dicapai dengan berjalan kaki sejenak.

Keindahan Pantai Buyutan dilihat dari tebing sebelah timur.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Keindahan Pantai Buyutan dilihat dari tebing sebelah timur.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com