Makanan di Jepang yang Dimasak dengan Teh - Kompas.com

Makanan di Jepang yang Dimasak dengan Teh

Kompas.com - 13/12/2018, 15:56 WIB
Chasuke, salah satu makanan khas Jepang yang menggunakan bahan teh hijau.KOMPAS.COM/SILVITA AGMASARI Chasuke, salah satu makanan khas Jepang yang menggunakan bahan teh hijau.

JAKARTA, KOMPAS.com - Di Jepang, teh juga dimanfaatkan untuk memasak makanan. Ada beberapa makanan yang lazim menggunakan teh hijau sebagai salah satu bahannya. Misal menjadi kuah gurih atau menjadi mie.

"Memang kalau memasak pakai teh makanan jadi lebih wangi dan juga lebih sehat," kata koki ambassador Jepang untuk ASEAN Masato Tsuki yang ditemui dalam acara Pengenalan Budaya dan Makan Jepang di Sekretariat ASEAN, Jakarta, Kamis (13/12/2018).

Contoh makanan di Jepang yang dimasak dengan teh adalah cha soba atau soba yang dicampur dengan matcha. Ada juga tempura atau gorengan Jepang yang adonannya dicampur dengan matcha sehingga memberi warna hijau cantik.

"Teh bisa juga dimasak untuk chazuke. Ini memang makanan sehari-hari," kata Tsuki.

Baca juga: Serupa tapi Tak Sama, Teh Hijau dan Matcha

Chazuke adalah hidangan nasi berkuah bening gurih. Biasanya sencha atau teh hijau kantong dimasukkan ke dalam air kuah rebusan kaldu dashi. Kemudian diberi tambahan kecap asin dan garam. Ditambahkan toping daging salmon untuk tambahan lauk.

"Untuk orang Jepang teh itu sangat penting, bagian dari hidup. Kami mengkonsumsi teh dari anak-anak. Diminum pagi, sore, dan malam hari. Untuk makanan manis makanan gurih," kata Instruktur Teh Jepang (Nihoncha Instructor).



Close Ads X