Kompas.com - 13/12/2018, 21:09 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai salah satu dari sepuluh destinasi prioritas di Indonesia, Pulau Komodo di Nusa Tenggara Timur banyak menjadi destinasi incaran wisatawan. Labuan Bajo, gerbang menuju Pulau Komodo dan pulau disekitarnya kini juga lebuh mudah digapai dengan banyaknya pilihan transportasi.

Soal akomodasi juga tidak perlu khawatir. Sebab ada banyak pilihan dari yang relatif murah seperti homestay sampai hotel bintang lima. Berikut panduan biaya untuk transportasi, akomodasi, dan konsumsi di Labuan Bajo: 

1. Transportasi antar kota

CitilinkDOK CITILINK Citilink
Saat ini ada banyak maskapai yang membuka rute ke Labuan Bajo. Wisatawan bisa menggunakan maskapai Citilink untuk menuju Bandara Komodo.

Citilink termasuk sebagai maskapai yang menawarkan harga tiket menarik ke Labuan Bajo, yakni Rp 1 juta untuk penerbangan langsung selama dua jam penerbangan.

2. Transportasi lokal

Jika menginap di Labuan Bajo, dapat memilih sewa sepeda motor seharga Rp 75.000 per hari. Sepeda motor menjadi pipihan yang tepat untuk berkeliling Labuan Bajo menikmati pemandangan kota di pinggir laut ini.

3. Transportasi antar pulau

KMP Komodo berlayar menuju Pulau Rinca saat peluncurannya di perairan Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Jumat (7/12/2018). Kapal wisata berkapasitas 80 orang dengan kecepatan 9 knot tersebut sebagai alternatif moda transportasi laut bagi masyarakat Labuan Bajo maupun wisatawan menuju Pulau Komodo, yang menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan domestik maupun mancanegara.ANTARA FOTO/INDRIANTO EKO SUWARSO KMP Komodo berlayar menuju Pulau Rinca saat peluncurannya di perairan Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Jumat (7/12/2018). Kapal wisata berkapasitas 80 orang dengan kecepatan 9 knot tersebut sebagai alternatif moda transportasi laut bagi masyarakat Labuan Bajo maupun wisatawan menuju Pulau Komodo, yang menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan domestik maupun mancanegara.
Wisata utama sebenarnya adalah lompat pulau di Perairan Komodo. Harga kapal termurah sekitar Rp 250.000 per orang (tergantung jarak pulau dan jenis kapal).

Banyak juga yang menawarkan paket menginap di kapal selama satu atau dua malam, lengkap dengan akomodasi dan konsumsi. Pilihan kapal di Labuan Bajo sangat beragam, harga juga bisa tergantung musim dan tawar menawar harga.

4. Akomodasi

Pilihan akomodasi di kawasan Taman Nasional Komodo ada dua, yakni menginap di kapal atau menginap di penginapan di Labuan Bajo. Harga homestay di Labuan Bajo mulai Rp 100.000 per malam. Banyak penginapan di Labuan Bajo yang menawarkat paket wisata lompat pulau.

5. Konsumsi

Di Labuan Bajo harga makanan relatif mahal. Saran KompasTravel, bertanyalah sebelum membeli makanan. Tak jarang pedagang memberi harga yang berbeda kepada pendatang atau wisatawan.

Satu kali makan di Labuan Bajo berkisar Rp 25.000-50.000 untuk warung kaki lima. Di sana, banyak kafe dan restoran yang menyediakan makanan ala barat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.