Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Baru, 10 Negara Ini Punya Tradisi Bersantap Unik

Kompas.com - 14/12/2018, 14:08 WIB
Silvita Agmasari,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

Sumber CNN Travel


JAKARTA, KOMPAS.com - Perayaan tidak lengkap tanpa makanan. Begitu pula dengan perayaan tahun baru. Di Indonesia, perayaan tahun baru biasa diisi dengan acara barbeque atau membakar daging dan hidangan laut.

Beda negara, beda pula tradisi makan di momen tahun baru. Namun satu yang pasti, biasanya bersantap di perayaan tahun baru dilakukan bersama keluarga atau rekan. Berikut tradisi bersantap di momen tahun baru:

1. Amerika Serikat Bagian Selatan

Amerika Serikat bagian selatan akan menyantap makanan bernama Hoppin' John. Ini adalah daging babi yang dimasak dengan kacang hitam yang menjadi simbol koin. Disantap bersama nasi, kacang hijau (simbol dari warna uang), dan roti jagung (simbol warna emas). Makanan ini dianggap dapat membawa keberuntungan di tahun baru.

2. Spanyol

Kalau melihat orang Madrid di Spanyol beramai-ramai makan anggur saat pergantian tahun, jangan heran. Sebab ini menjadi kebiasaan dari abad ke 20. Konon tradisi ini dimulai dari para produsen anggur dengan panen yang berlimpah.  

Setiap jam berdentang pada pergantian tahun baru, maka ada satu anggur yang disantap. Total ada 12 anggur yang dimakan per orang.

3. Meksiko

Orang meksiko akan menyantap tamales, atau adonan tepung jagung diisi daging dan keju, dibungkus dengan pelepah jagung atau daun pisang, kemudian dikukus. Sekilas bentuknya mirip pepes di Indonesia.

Pada malam menuju pergantian tahun baru, sangat mudah menemukan tamales dijual di restoran sampai pinggir jalan. Sebenarnya inti dari tamales adalah gotong royong saat pembuatan, yang masih dilakukan oleh perempuan khususnya di pedesaan Meksiko.

4. Belanda

Oliebollen yang bentuknya seperti bola donat akan disantap oleh orang Belanda saat momen tahun baru. Bola donat biasanya berisi berbagai buah kering dan disiram gula halus. Oliebollen juga menjadi makanan pinggir jalan terkenal di Belanda.

Marzipan sejenis permen yang dibentuk babi, sebagai lambang keberuntungan disantap di Jerman dan Austria.Dok. CNN Travel Marzipan sejenis permen yang dibentuk babi, sebagai lambang keberuntungan disantap di Jerman dan Austria.

5. Austria dan Jerman

Tahun baru diarayakan orang orang Austria dan Jerman dengan minum anggur merah yang dicampur kayu manis dan rempah lainnya. Sebagai teman minum mereka menyantap babi guling dan marzipan (sejenis permen) yang dibentuk layaknya babi.

Dalam bahasa Jerman dan Austria babi disebut Glücksschwein atau babi keberuntungan. Jadi sering disantap atau diberikan pada momen perayaan. Bahkan saat perayaan tahun baru, toko ritu di Vienna akan membuat berbagai roti berbentuk babi.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber CNN Travel
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com