Tahun Baru, 10 Negara Ini Punya Tradisi Bersantap Unik

Kompas.com - 14/12/2018, 14:08 WIB
Acar ikan herring untuk pergantian tahun baru di Polandia dan Skandinavia Dok. CNN TravelAcar ikan herring untuk pergantian tahun baru di Polandia dan Skandinavia


JAKARTA, KOMPAS.com - Perayaan tidak lengkap tanpa makanan. Begitu pula dengan perayaan tahun baru. Di Indonesia, perayaan tahun baru biasa diisi dengan acara barbeque atau membakar daging dan hidangan laut.

Beda negara, beda pula tradisi makan di momen tahun baru. Namun satu yang pasti, biasanya bersantap di perayaan tahun baru dilakukan bersama keluarga atau rekan. Berikut tradisi bersantap di momen tahun baru:

1. Amerika Serikat Bagian Selatan

Amerika Serikat bagian selatan akan menyantap makanan bernama Hoppin' John. Ini adalah daging babi yang dimasak dengan kacang hitam yang menjadi simbol koin. Disantap bersama nasi, kacang hijau (simbol dari warna uang), dan roti jagung (simbol warna emas). Makanan ini dianggap dapat membawa keberuntungan di tahun baru.

2. Spanyol

Kalau melihat orang Madrid di Spanyol beramai-ramai makan anggur saat pergantian tahun, jangan heran. Sebab ini menjadi kebiasaan dari abad ke 20. Konon tradisi ini dimulai dari para produsen anggur dengan panen yang berlimpah.  

Setiap jam berdentang pada pergantian tahun baru, maka ada satu anggur yang disantap. Total ada 12 anggur yang dimakan per orang.

3. Meksiko

Orang meksiko akan menyantap tamales, atau adonan tepung jagung diisi daging dan keju, dibungkus dengan pelepah jagung atau daun pisang, kemudian dikukus. Sekilas bentuknya mirip pepes di Indonesia.

Pada malam menuju pergantian tahun baru, sangat mudah menemukan tamales dijual di restoran sampai pinggir jalan. Sebenarnya inti dari tamales adalah gotong royong saat pembuatan, yang masih dilakukan oleh perempuan khususnya di pedesaan Meksiko.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber CNN Travel
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X