Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Olahan Sayur Kol Jadi Makanan Lezat

Kompas.com - 15/12/2018, 08:03 WIB
Silvita Agmasari,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com -  Sayur kol selain nikmat disantap sebagai pendamping makanan juga dapat diolah menjadi berbagai hidangan. Bahkan sampai bagian bonggol kol sendiri dapat diolah menjadi makanan nikmat dan bergizi.

Berikut adalah 10 olahan saran sayur kol dari Corporate Chef Parador Hotels & Resorts, Gatot Susanto yang dihubungi KompasTravel, Jumat (14/12/2018).

1. Sauerkraut

Olahan kol yang terkenal dari Jerman. Merupakan kol fermentasi dengan lactic acid bacteria. Makanan ini disebutkan bermula sebelum zaman lemari pendingin ditemukan. Cocok dimakan sebagai salad, ditumis, dicampur kentang tumbuk, sampai jadi pendamping makan daging.

2. Cabbage Roux

Gatot menyarankan untuk mengolah bonggol kol, dihancurkan sampai halus kemudian dicampur di roux yang terbuat dari mentega, tepung, dan susu. Cara pembuatannya persis seperti kentang tumbuk.

3. Kol Cake

Kalau ada fishcake alias otak-otak ikan halus, bisa juga membuat kol cake. Caranya dengan mencapur kol dengan margarin dan tepung, kemudian bakar atau bakar diteflon. Untuk versi non vegetarian bisa tambahkan daging ayam atau daging ikan cincang.

4. Sate Kol

Alternatif sate untuk vegetarian. Caranya blender kol, tiriskan airnya sampai benar-benar kering, campur dengan tepung, bentuk layaknya sate dan gunakan tusuk sate. Bakar kemudian santap dengan sambal segar.

Lumpia gorengTaste of Asian Lumpia goreng

5. Lumpia

Mengisi lumpia dengan kol tumis juga bisa dilakukan, jika ingin rasa yang lebih mantap tambahkan sayuran lain dan daging tumis.

6. Rempeyek

Buat rempeyek kol juga nikmat. Buat adonan peyek, campurkan kol. Semakin garing dan manis.

7. Opor

Opor kol, menurut Gatot, dapat menjadi campuran gudeg. Hanya tinggal tambahkan krecek dan areh. Ini juga daapat menjadi alternatif gudeg vegetarian.

8. Tumis Kol

Sama seperti sayuran lain, sayur kol juga dapat ditumis menjadi hidangan yang nikmat. Kadang ada yang menambahkan telur orak arik atau bakso untuk menambah variasi rasa.

9. Jus

Cobalah untuk membuat jus kol putih, kemudian ditambahkan jus kol merah dalam satu gelas. Jadilah kol merah putih yang cantik. Untuk menyeimbangkan rasa getir kol, Gatot menyarankan untuk menambahkan buah lain seperti perasan lemon, nanas, atau timun.

10. Es Krim

Es krim sayuran sudah bukan hal asing. Kol juga dapat dimanfaatkan menjadi es krim dengan tambahan susu dan produk tambahan es krim.   

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com