Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjajal Cakrawala, Salah Satu Bianglala Tertinggi di Jawa Tengah

Kompas.com - 17/12/2018, 18:10 WIB
Anggara Wikan Prasetya,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

SEMARANG, KOMPAS.com – Selain menjadi taman rekreasi tematik terbesar di Jawa Tengah, Saloka Theme Park juga menghadirkan satu wahana yang menarik dengan nama Cakrawala.

Cakrawala merupakan sebuah bianglala yang ada di taman rekreasi ini. Bukan sekadar wahana, Cakrawala juga menjadi salah satu bianglala tertinggi di Jawa Tengah dengan ketinggian 33 meter.

Baca juga: Resmi Dibuka, Inilah Taman Rekreasi Tematik Terbesar di Jawa Tengah

Wahana ini mulai bisa dinikmati oleh masyarakat usai pembukaan resmi Saloka Theme Park melalui acara soft opening yang diadakan pada Hari Sabtu (15/12/2018).

Dalam rangkaian acara soft opening itu, rombongan Polres Salatiga, Semarang, dan Kodim, serta Bupati Semarang yang diwakili Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang menjadi kelompok pertama yang menjajal Cakrawala.

Panorama lima gunung Jawa Tengah

Kompas.com juga berkesempatan menjajal Cakrawala usai rombongan pertama dan beberapa tamu undangan. Ketika akan naik, wahana ini terlihat menjulang begitu tinggi jika dilihat dari bawah.

Sebelum bergerak, operator terlebih dahulu mengingatkan penumpang wahana agar mereka tidak melakukan hal-hal membahayakan seperti terlalu banyak bergerak. Satu hal penting yang harus dipatuhi adalah larangan untuk berdiri.

Baca juga: Ada Sambal Ganja di Festival Makanan Pedazz Semarang

Semakin bergerak ke atas, pemandangan sekitar mulai terlihat. Kawasan Saloka Theme Park seluas 18 hektar bisa terlihat seluruhnya. Berbagai wahana dan pengunjung lain terlihat kecil dari ketinggian.

Panorama terbuka ke segala arah semakin terlihat saat wahana bergerak ke puncak. Di sisi selatan, tampak Rawa Pening yang terkenal dengan legenda Baru Klinting-nya.

Panorama yang tersaji dari wahana Cakrawala di Saloka Theme ParkKompas.com/Anggara Wikan Prasetya Panorama yang tersaji dari wahana Cakrawala di Saloka Theme Park

Tak hanya itu, bisa disaksikan pula Gunung Merbabu yang menjulang setinggi 3142 meter di atas permukaan laut (mdpl) beserta barisan perbukitan yang seolah menjadi latar belakang Rawa Pening.

Sementara itu, Rawa Pening juga masih menghiasi pemandangan di sebelah barat. Jika cuaca cerah, maka di kaki langit sebelah barat tampak gunung kembar, Sindoro-Sumbing yang berdiri tegak di Temanggung, Magelang, dan Wonosobo.

Baca juga: 5 Destinasi Liburan di Semarang yang Cocok Dikunjungi Bersama Keluarga

Sisi utara menampilkan gunung lain di Jawa Tengah, yakni Ungaran. Ketika cuaca mendukung, Gunung Lawu yang ada di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur juga akan terlihat di cakrawala timur.

Mereka yang ingin menikmati wahana Cakrawala bisa datang ke Saloka Theme Park pada jam buka, yakni 10.00-18.00 WIB pada hari kerja atau 10.00-20.00 WIB saat akhir pekan atau hari libur.

Selama Bulan Desember 2018, harga tiket adalah Rp 96.000 pada hari kerja dan Rp 120.000 ketika akhir pekan atau hari libur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com