5 Alternatif Liburan Akhir Tahun di Jawa Barat selain Kota Bandung - Kompas.com

5 Alternatif Liburan Akhir Tahun di Jawa Barat selain Kota Bandung

Kompas.com - 17/12/2018, 21:05 WIB
Wisatawan menggunakan perahu saat mengunjungi Green Canyon, Cijulang, Pangandaran, Jawa Barat, Sabtu (4/5/2013). Objek wisata ini menawarkan keindahan dinding bebatuan yang ditutupi lumut dan wisatawan dapan menikmatinya dengan menyusuri sungai menggunakan perahu.KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZES Wisatawan menggunakan perahu saat mengunjungi Green Canyon, Cijulang, Pangandaran, Jawa Barat, Sabtu (4/5/2013). Objek wisata ini menawarkan keindahan dinding bebatuan yang ditutupi lumut dan wisatawan dapan menikmatinya dengan menyusuri sungai menggunakan perahu.


JAKARTA, KOMPAS.com - Kota Bandung jadi destinasi favorit banyak warga ibu kota untuk berlibur di akhir tahun. Namun kondisi lalu lintas dan obyek wisata Bandung yang terlalu padat saat momen libur dapat mengurangi kegembiraan.

Sebenarnya selain Kota Bandung, Jawa Barat punya banyak destinasi wisata yang menarik untuk dieksplor. Apalagi ditambah akses jalan yang semakin mudah. Yuk berwisata ke lima daerah lain di Jawa Barat selain Kota Bandung, seperti yang KompasTravel rangkum berikut ini:

1. Pangandaran

Bagi yang suka wisata bahari, mampir ke Pangandaran jadi pilihan yang tepat. Di sini ada Pantai Batu Karas yang terkenal sebagai surganya para peselancar. Selain mencoba belajar selancar bisa bermain aneka olahraga air yang disewakan, berburu matahari terbit, dan menjajal body rafting di Green Canyon.

Pangandaran juga terkenal dengan kuliner hidangan laut yang lezat dengan harga bersahabat. Malam hari banyak kafe di tepi Pantai Batu Karas yang cocok untuk bersantai.

Glamping Lakeside Rancabali, Ciwidey, Kabupaten Bandung, Kamis (2/8/2018).KOMPAS.com/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA Glamping Lakeside Rancabali, Ciwidey, Kabupaten Bandung, Kamis (2/8/2018).

2.  Ciwidey

Ciwidey berada di daerah Bandung Selatan. Selain terkenal dengan Kawah Putih, kawasan ini memiliki destinasi lain dengan pemandangan tak kalah indah. Misalnya bumi perkemahan Ranca Upas dengan sekelompak rusa yang ramah wisatawan, Situ Patengan, Taman Kelinci, dan deretan kebun stoberi.

Sekarang juga banyak dibangun penginapan unik dan glamping di daerah Ciwidey. Hamparan kebun teh akan memanjakan mata di daerah Ciwidey.

Leuwi Jurig berada di Kampung Rupit, Desa Bojong, Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Di sini pengunjung bisa berenang di kedalaman air lebih dari10 meter dengan pemandangan yang indah.KOMPAS.com/RENI SUSANTI Leuwi Jurig berada di Kampung Rupit, Desa Bojong, Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Di sini pengunjung bisa berenang di kedalaman air lebih dari10 meter dengan pemandangan yang indah.

3. Garut

Terkenal dengan pemandian air panas, iklim yang sejuk, dan kuliner khas Sunda yang menggugah selera. Jika berkunjung ke Garut cobalah mampir ke daerah Cipanas yang terkenal dengan banyak pemandian air panas alami.

Garut juga terkenal dengan kuliner Sunda yang menggungah selera seperti nasi liwet, nasi tutug oncom, soto ayam garut, es goyobod, awug, dan tentunya dodol serta cokelat garut untuk oleh-oleh.

Hutan, gunung, sungai, serta kabut berselimut dingin adalah obat mujarab yang diberikan alam yang tak serba instan didapatkan orang-orang kota. Salah satu tempatnya adalah bumi perkemahan (camping site) Tanakita, Situ Gunung, Sukabumi, Jawa Barat.M Latief/KOMPAS.com Hutan, gunung, sungai, serta kabut berselimut dingin adalah obat mujarab yang diberikan alam yang tak serba instan didapatkan orang-orang kota. Salah satu tempatnya adalah bumi perkemahan (camping site) Tanakita, Situ Gunung, Sukabumi, Jawa Barat.

4. Sukabumi

Dibukanya jalan tol Bocimi (Bogor Ciawi Sukabumi) semakin memudahkan perjalanan ke Sukabumi. Kawasan ini terkenal sebagai daerah beriklim sejuk, dengan obyek wisata seperti Danau Lido, kebun durian, banyak air terjun, dan taman bermain air.

5. Pengalengan

Terkenal sebagain daerah sentra susu sapi segar. Namun bukan sekedar itu, ada aktivitas seperti hiking dan bermain arung jeram di Pengalengan. Suana sejuk dengan banyak air terjun dan kebun teh membuat perjalanan ke Pengalengan menyenangkan.



Close Ads X