Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Urusan Visa Panjang ke Thailand, Seorang Kontestan Miss Universe Didiskualifikasi

Kompas.com - 18/12/2018, 14:00 WIB
Silvita Agmasari,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Faktanya bukan hanya para pejalan biasa yang harus berjuang mengurus visa untuk bepergian ke belahan bumi lain. Marie Esther Bangura, perwakilan Sierra Leone harus didiskualifikasi lantaran terlambat tiba ke Thailand untuk ajang Miss Universe.

Bangura gagal tiba di Thailand Minggu (2/12/2018) sesuai waktu yang ditentukan panitia Miss Universe. Ia tiba di Bangkok enam hari setelahnya pada Sabtu (8/12/2018). Penyebab keterlambatan Bangura tak lain karena harus mengurus dokumentasi perjalanan yang panjang.

Sebagai penduduk dengan negara berkembang yang belum terlalu lama bebas konflik, Bangura harus terbang dari Sierra Leone menuju Nigeria untuk mengurus visa di Kedutaan Besar Thailand. Dari Nigeria, Bangura harus terbang lagi ke Ethiopia untuk menuju Bangkok.

Perjuangan Bangura selama dua minggu, terbang ke sana ke mari untuk mewakili negaranya akhirnya menjadi sorotan bagi penduduk dan media lokal Thailand.

Meski tidak diizinkan untuk mengikuti kontes Miss Universe, Bangura diberi beberapa kesempatan untuk mengikuti beberapa kegiatan para kontestan Miss Universe. Contohnya berkunjung ke obyek wisata seperti Wat Arun dan Temple of The Emerald Budha.

Warga Thailand juga meminjamkan busana tradisional Thailand agar Bangura dapat berfoto dan menikmati waktunya di Thailand.

"Saya selalu berusaha ingin mewakili negra saya dan itulah mengapa saya berjuang kerang untuk sampai di sini. Meskipun saya tidak ikut berkompetisi, saya merasa baik karena saya bertemu orang-orang baru dan belajar banyak hal. Aku tahu apa yang dilalui memberi saya pelajaran. Saya bertemu orang berbeda, merasa dicintai, dan semangat," kata Bangura dikutip dari Bangkok Post.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com