4 Pilihan Obyek Wisata di Kabupaten Semarang untuk Libur Akhir Tahun

Kompas.com - 18/12/2018, 16:00 WIB
Keindahan Rawa Pening yang bisa didapatkan ketika berlibur ke Kabupaten Semarang, Jawa Tengah ShutterstockKeindahan Rawa Pening yang bisa didapatkan ketika berlibur ke Kabupaten Semarang, Jawa Tengah

SEMARANG, KOMPAS.com – Kabupaten Semarang bisa menjadi tujuan wisata untuk mengisi libur Natal dan tahun baru (Nataru) 2019 besok.

Kabupaten dengan luas sekitar 1.447 kilometer persegi ini memiliki beberapa destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Inilah 4 obyek wisata di Kabupaten Semarang yang bisa dikunjungi pada periode libur Nataru besok:

1. Saloka Theme Park

Salah satu wahana di Saloka Theme Park, taman rekreasi terbesar di Jawa TengahKompas.com/Anggara Wikan Prasetya Salah satu wahana di Saloka Theme Park, taman rekreasi terbesar di Jawa Tengah
Taman rekreasi tematik yang diklaim terbesar di Provinsi Jawa Tengah ini baru dibuka pada Hari Sabtu (15/12/2018). Sebanyak 22 wahana permainan di taman rekreasi ini dapat dinikmati oleh berbagai kalangan.

Lokasi taman rekreasi ini berada di samping jalan utama Semarang-Solo. Salah satu wahana yang menarik adalah Cakrawala. Bianglala setinggi 33 meter ini menyajikan panorama keindahan Rawa Pening dan lima gunung di Jawa Tengah.

Selain itu, pengunjung bisa menikmati wahana lainnya dengan nama khas seperti Bengok-bengok, Paku Bumi, jet coaster yang dunamai Lika-liku, dan air mancur menari bernama Jejogedan.

2. Museum Kereta Api Ambarawa

Jajaran lokomotif uap masa lalu yang dipamerkan di Museum Kereta Api Ambarawa.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Jajaran lokomotif uap masa lalu yang dipamerkan di Museum Kereta Api Ambarawa.
Museum ini banyak dikunjungi oleh wisatawan, terutama ketika akhir pekan. Di dalamnya dipamerkan berbagai jenis lokomotif uap yang dulu pernah berjaya.

Selain itu, museum ini merupakan tempat yang cocok bagi para railfans. Sejarah singkat mengenai perkeretaapian di Indonesia juga tersaji di sini.

Pengunjung pun bisa merasakan sensasi naik kereta feeder yang melewati kawasan Rawa Pening. Jika memiliki bujet liburan lebih, maka pengunjung bisa memesan perjalanan dengan menggunakan kereta uap.

3. Bukit Cinta

Deretan perahu menepi di Rawa Pening, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.Shutterstock Deretan perahu menepi di Rawa Pening, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.
Meski bernama bukit, obyek wisata yang satu ini berada di tepi Rawa Pening. Bukit Cinta berada di sebelah barat daya Rawa Pening. Lokasinya terletak di samping jalan utama Kota Salatiga menuju Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang.

Destinasi ini adalah salah satu tempat terbaik untuk memandang Rawa Pening yang memiliki luas 2.670 hektar. Hamparan Rawa Pening dengan barisan perbukitan di belakangnya tampak begitu memesona.

Di Bukit Cinta pun pengunjung bisa naik perahu untuk keliling danau. Udara dari perbukitan di tempat yang terkendal dengan Legenda Baru Klinting ini pun begitu menyegarkan.

4. Candi Gedong Songo

Candi Gedong III di Kompleks Candi Gedong Songo, Bandungan, SemarangKompas.com/Anggara Wikan Prasetya Candi Gedong III di Kompleks Candi Gedong Songo, Bandungan, Semarang
Destinasi selanjutnya ada di lereng Gunung Ungaran, tepatnya di Kelurahan Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. Candi ini berada di ketinggian sekitar 1.200 meter di atas permukaan laut (mpdl).

Total ada lima bangunan candi yang bisa dijumpai di kompleks Candi Gedong Songo ini. Untuk bisa menjelajah semuanya, dibutuhkan waktu sekitar satu jam. Namun ada fasilitas kuda sehingga tidak perlu lelah berjalan kaki.

Selain bangunan candi, ada pula pemandian air hangat dengan air yang bersumber langsung dari Kawah Gunung Ungaran. Selain menyehatkan, tarif masuk air hangat ini juga cukup terjangkau.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X