Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejuk dan Segar, Inilah Surga Pemandian Alami di Purworejo

Kompas.com - 18/12/2018, 21:13 WIB
Anggara Wikan Prasetya,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

PURWOREJO, KOMPAS.com – Pergunungan Menoreh tidak hanya menyajikan surga pemandian alami di wilayah Yogyakarta. Di sisi baratnya yang masuk wilayah Kabupaten Purworejo pun kesegaran pemandian alami masih bisa ditemukan.

Salah satu taman air yang ada di wilayah Pergunungan Menoreh bagian Purworejo adalah Taman Sidandang. Destinasi ini terletak di Desa Wisata Kaligono, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

Baca juga: Merasakan Kesegaran Alam Purworejo, Curug Benowo Tempatnya

Lokasi taman ini ada di samping jalan utama Yogyakarta-Purworejo via Pergunungan Menoreh. Nantinya pintu masuk Taman Sidandang ada di selatan jalan utama.

Jika dari Yogyakarta, jarak tempuhnya sekitar 35 kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih satu jam. Sementara jika ditempuh dari Purworejo, jarak tempuhnya kurang-lebih 13 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 20 menit.

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah lokasi Taman Sidandang ada di kawasan pergunungan sehingga kondisi jalan untuk sampai ke sana cukup menanjak dan berliku. Tanjakan akan lebih terjal jika ditempuh dari Yogyakarta.

Kesegaran air sungai Pergunungan Menoreh

Sumber air Taman Sidandang bersal langsung dari Pergunungan Menoreh yang membentang di antara Purworejo dan Jawa Tengah. Suara aliran air mengalir akan langsung menyambut dengan merdu begitu sampai di pintu masuk.

Patung penanak nasi tradisional, dandang menjadi ikon taman ini dan merupakan sumber inspirasi penamaan Sidandang. Hanya sejenak berjalan dari parkiran, pengunjung akan sampai di lokasi bermain air.

Salah satu tempat untuk menceburkan diri ada di kolam alami yang memiliki kedalaman sekitar tujuh meter. Meski dalam, kolam ini bisa dinikmati oleh mereka yang tidak bisa berenang karena telah tersedia tempat penyewaan pelampung.

Pengunjung Melompat ke Kolam Alami di Taman Sidandang, PurworejoKompas.com/Anggara Wikan Prasetya Pengunjung Melompat ke Kolam Alami di Taman Sidandang, Purworejo

Jika cukup berani, maka melompat dari atas bebatuan langsung ke kolam merupakan aktivitas menyenangkan untuk dilakukan. Tak perlu khawatir membentur bebatuan karena kolam yang cukup dalam.

Lokasi bermain air tidak hanya di kolam. Aliran sungai juga merupakan spot berenang yang menyenangkan. Pengunjung bisa menyusuri aliran air dari kolam sampai air terjun.

Baca juga: Pariwisata Purworejo Tak Kalah dengan Yogyakarta

Jika ingin aktivitas yang lebih menantang, maka pengelola menyediakan fasilitas susur sungai. Pengunjung akan menyusuri sungai, termasuk mendaki air terjun dengan menggunakan tali.

Namun mereka yang ingin melakukan aktivitas susur sungai haruslah memiliki pengetahuan dan teknik dasar. Selain itu, peralatan keselamatan seperti helm wajib untuk dikenakan. Nantinya ada pemandu yang mendampingi kegiatan ini.

Menyusuri sungai di Taman Sidandang, PurworejoKompas.com/Anggara Wikan Prasetya Menyusuri sungai di Taman Sidandang, Purworejo

Pengunjung yang tidak ingin bermain air juga bisa sekadar duduk-duduk di tepi sungai atau kolam. Taman Sidandang yang berada di ketinggian sekitar 300 meter di atas permukaan laut (mdpl) membuat suasana di sini begitu sejuk.

Taman ini cocok untuk melepas penat dan sejenak melarikan diri dari rutinitas serta panasnya udara kota. Begitu pulang dari bermain air, segala kejenuhan dan kebosanan seolah sirna. Jiwa raga pun kembali siap menyambut tantangan.

Fasilitas penunjang wisata di Taman Sidandang juga cukup lengkap. Selain area parkir, kamar mandi, mushalla, hingga warung makan telah lengkap tersedia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com