Kompas.com - 18/12/2018, 21:13 WIB

PURWOREJO, KOMPAS.com – Pergunungan Menoreh tidak hanya menyajikan surga pemandian alami di wilayah Yogyakarta. Di sisi baratnya yang masuk wilayah Kabupaten Purworejo pun kesegaran pemandian alami masih bisa ditemukan.

Salah satu taman air yang ada di wilayah Pergunungan Menoreh bagian Purworejo adalah Taman Sidandang. Destinasi ini terletak di Desa Wisata Kaligono, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

Baca juga: Merasakan Kesegaran Alam Purworejo, Curug Benowo Tempatnya

Lokasi taman ini ada di samping jalan utama Yogyakarta-Purworejo via Pergunungan Menoreh. Nantinya pintu masuk Taman Sidandang ada di selatan jalan utama.

Jika dari Yogyakarta, jarak tempuhnya sekitar 35 kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih satu jam. Sementara jika ditempuh dari Purworejo, jarak tempuhnya kurang-lebih 13 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 20 menit.

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah lokasi Taman Sidandang ada di kawasan pergunungan sehingga kondisi jalan untuk sampai ke sana cukup menanjak dan berliku. Tanjakan akan lebih terjal jika ditempuh dari Yogyakarta.

Kesegaran air sungai Pergunungan Menoreh

Sumber air Taman Sidandang bersal langsung dari Pergunungan Menoreh yang membentang di antara Purworejo dan Jawa Tengah. Suara aliran air mengalir akan langsung menyambut dengan merdu begitu sampai di pintu masuk.

Patung penanak nasi tradisional, dandang menjadi ikon taman ini dan merupakan sumber inspirasi penamaan Sidandang. Hanya sejenak berjalan dari parkiran, pengunjung akan sampai di lokasi bermain air.

Salah satu tempat untuk menceburkan diri ada di kolam alami yang memiliki kedalaman sekitar tujuh meter. Meski dalam, kolam ini bisa dinikmati oleh mereka yang tidak bisa berenang karena telah tersedia tempat penyewaan pelampung.

Pengunjung Melompat ke Kolam Alami di Taman Sidandang, PurworejoKompas.com/Anggara Wikan Prasetya Pengunjung Melompat ke Kolam Alami di Taman Sidandang, Purworejo

Jika cukup berani, maka melompat dari atas bebatuan langsung ke kolam merupakan aktivitas menyenangkan untuk dilakukan. Tak perlu khawatir membentur bebatuan karena kolam yang cukup dalam.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.