7 Kiat Mengepak Kosmetik Saat Bepergian

Kompas.com - 19/12/2018, 07:02 WIB
Ilustrasi kosmetik misumaIlustrasi kosmetik


JAKARTA, KOMPAS.com - Mimpi buruk adalah saat membuka koper dan berceceran sampo, bedak retak, atau parfum yang bocor. Mengepak pakaian mungkin hal yang mudah, tetapi tidak dengan kosmetik.

Meskipun telah dilapisi plastik pengaman, tidak ada jaminan kosmetik dapat rusak atau tumpah selama melewati perjalanan jarak jauh.

Baca juga: Panduan Belanja Kosmetik di Korea Selatan

Ada tujuh kiat untuk mengepak kosmetik agar tetap dalam kondisi baik, tidak rusak atau tumpah seperti berikut ini:

1. Anti Pecah

Pastikan menaruh kapas di atas lapisan bedak, blush on, eye shadow, atau bronzer. Kemudian tutup seperti biasa kemasan tersebut. Kapas menjadi pelindung agar kosmetik padat tidak mudah pecah jika tertekan barang bawaan lain.

2. Anti Tumpah

Untuk kosmetik cair, lapisi bagian mulut botol bagian dalam dengan plastik. Kemudian tutup dengan tutup botol kemasan. Ini bisa dilakukan untuk botol plastik putar, maupun buka tutup.

3. Mengepak Parfum

Lapisi botol parfum dengan kaos kaki tebal untuk menghindari pecah jika terjadi benturan. Cara yang lebih aan lagi, masukan botol parfum ke dalam sepatu yang juga dipak di koper atau ransel.

4. Cari Bahan Anti Air

Carilah wadah kosmetik anti-air, agar ketika ada yang tumpah dapat dengan mudah dibersihkan. Juga untuk menjaga kosmetik tetap kering meskipun koper atau ransel terkena air.

5. Gunakan Produk Kemasan Kecil

Produk sachet sering kali diberikan atau dapat dibeli di toko kosmetik. Menggunakan produk kemasan sachet juga tidak ada salahnya jika bepergian tidak terlalu lama.

Kelebihan produk ini adalah ringan dan menghemat tempat, tetapi tidak baik untuk lingkungan, menambah sampah plastik.

6. Pindahkan ke Botol Kecil

Alternatif lain agar lebih ringan dan menghemat tempat adalah berinvestasi dengan botol kecil, khusus untuk bepergian. Botol-botol ini dapat dibeli di minimarket atau toko kosmetik.

7. Mengepak Tanpa Sisakan Ruang

Pilihlah wadah kosmetik yang dapat menampung semua kosmetik tanpa ada ruang sisa. Jika masih ada ruang sisa, masukan kaos kaki. Ruang sisa membuat kosmetik mudah rusak atau tumpah jika ada guncangan. 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X