Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2019, Bisa Ikut Ekspedisi Kapal Titanic di Samudera Atlantik

Kompas.com - 19/12/2018, 16:11 WIB
Silvita Agmasari,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kapal karam legendaris Titanic selama ini hanya bisa dilihat dari tayangan dokumenter oleh masyarakat biasa. Namun pada 2019, sebuah ekspedisi menelusuri bangkai Kapal Titanic dibuka untuk para peneliti dan masyarakat umum.

Bernama Titanic Survey Expedition, perjalanan ini dikenakan biaya 105.129 dollar AS atau setara Rp 1,5 miliar. Harga tersebut sama dengan nilai tiket kelas utama Kapal Titanic ketika berlayar dahulu.

Ada sembilan peran "spesialis misi" yang diberikan kepada peserta yang ikut dalam ekspedisi. Sebagai spesialis misi maka akan hidup dan membantu pekerjaan kru operasi serta para ahli yang sesungguhnya.

Peserta juga akan diberi kesempatan untuk menyelam dengan kapal selam Titan bersama para ahli selama tujuh jam. Berkeliling bangkai Kapal Titanic.

Bangkai Kapal Titanic. Dok. Lonely Planet Bangkai Kapal Titanic.

Dalam ekspedisi tersebut para peserta akan dilatih untuk mendukung operasional kapal seperti mengoperasikan sonar, melakukan pemindaian laser, navigasi komunikasi, operasi kamera, dan pencatatan data.

Untuk ikut perjalanan tidak biasa ini ada syaratnya. Peserta minimal berusia 18 tahun ke atas, mampu berlayar di kapal kecil tengah laut, dan harus mendemonstrasikan keseimbangan dasar, mobilitas, serta fleksibilitas. Juga menyelesaikan kursus pelatihan Helicopter Underwater Egress selama satu hari penuh.

Perjalanan akan dimulai dari Kota St John di Kanada, dilanjutkan berlayar di laut selama 11 hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com