Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Makanan dan Minuman Populer di Indonesia Sepanjang 2018

Kompas.com - 20/12/2018, 08:15 WIB
Silvita Agmasari,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Menarik melihat perkembangan tren makanan di Indonesia pada 2018. Umumnya tren makanan muncul dari kota-kota besar di Indonesia, kemudian menyebar sampai pelosok daerah.

Makanan yang menjadi tren sepanjang tahun ini dapat dilihat dari animo masyarakat untuk memesan dan mengantre makanan atau minuman tersebut.

Kemudian juga mudah ditemui di berbagai festival makanan, sampai ke jajanan kaki lima. Tak lupa makanan tren juga sering diabadikan di media sosial ketika pertama kali muncul. Berikut adalah lima makanan dan minuman populer di Indonesia sepanjang 2018:

1. Ayam Geprek

Berawal dari sebuah warung kecil milik Ruminah di Yogyakarta, ayam geprek muncul pertama kali tahun 2003. Nama 'ayam geprek' dan proses ayam goreng tepung digeprek sambal diakui Ruminah pertama kali berasal dari pelanggannya.

Namun di Jakarta, ayam geprek baru mulai dikenal sekitar 2017. Sejak saat itu menjamur gerai ayam geprek. Sampai sekarang ayam geprek menjadi hidangan fenomenal. Mudah ditemui di festival makanan dan banyak dipesan dari aplikasi ojek online.

2. Kopi Susu

Gerai Kopi Tuku di Cipete, Jakarta menjadi pelopor tren kopi susu di Indonesia. Gerai ini pertama kali muncul di 2015. Selain rasanya yang mantap, kopi susu banyak disukai pelanggan karena harganya terjangkau.

Sebuah momen di 2017, Presiden Joko Widodo mengunjungi Kopi Tuku semakin mempopulerkan gerai dan minuman kopi susu.

Mudah sekali menemukan kopi susu kekinian di daerah-daerah Indonesia. Di Jakarta kini ada puluhan gerai kopi susu, sampai di pinggir jalan.

Minuman matcha cheese tea di gerai Kamu Tea yang ada di Aeon Jakarta Garden City, Cakung, Jakarta Timur, Kamis (16/11/2017).KOMPAS.COM/Anggita Muslimah Minuman matcha cheese tea di gerai Kamu Tea yang ada di Aeon Jakarta Garden City, Cakung, Jakarta Timur, Kamis (16/11/2017).

3. Makanan dan Minuman Bertopping Keju Leleh

Apapun makanan dan minuman dengan topping keju leleh tampaknya digemari di 2018. Mulai dari ayam geprek sampai ramen disiram dengan keju mozarella leleh. Sampai teh Taiwan diberi siraman keju juga populer di 2018. Tren topping keju leleh ini sebenarnya dimulai 2016 dan masih populer sepanjang 2018.

4.  Es Kepal Milo

Sempat menjadi sensasi di media sosial. Minuman yang awalnya berasal dari Malaysia ini ternyata membuat penasaran banyak orang karena bentuknya yang menggugah selera.

Gerai-gerai es kepal milo ramai antrean pengunjung, sampai ada yang rela antre berjam-jam. Namun tampaknya sampai penghujung tahun ini semakin sedikir gerai es kepal milo dan mulai tenggelam dengan tren makanan lainnya.

Roti John dengan oriental sauce, salah satu menu yang dikembangkan Hafizh.www.johnfresh.com Roti John dengan oriental sauce, salah satu menu yang dikembangkan Hafizh.

5. Roti John

Mungkin tidak sensasional seperti es kepal milo, tetapi roti john sempat menyita perhatian netizen. Roti john adalah roti asal Malaysia. Roti ini adalah roti berbentuk panjang seperti bagguette, diiris jadi dua.

Kemudian bagian dalam roti digoreng bersama telur, daun bawang, dan daging cincang. Penyajiannya ditambahkan saus sambal, tomat, dan mayonaise. Roti john sangat mudah ditemui di festival makanan.

  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com