Kuliner Pilihan di Jalur Mudik, Hidangan Khas Cilegon hingga Cirebon

Kompas.com - 21/12/2018, 16:18 WIB
Empal gentong Kementerian PerhubunganEmpal gentong
Penulis Mela Arnani
|
Editor Bayu Galih

KOMPAS.com - Libur akhir tahun yang akan segera tiba membuat beberapa masyarakat memilih untuk pulang sejenak ke kampung halaman.

Bagi Anda yang melewati jalur Pantai Utara Jawa (Pantura), jangan lupa untuk berhenti sejenak menikmati kuliner yang memanjakan lidah.

Tentu wisata kuliner ini diperlukan tak hanya untuk melemaskan otot-otot yang kaku saat perjalanan, tapi juga menikmati kekhasan daerah yang dilewati.

Ini daftar makanan yang dapat Anda nikmati sepanjang jalur Cilegon hingga Cirebon yang dihimpun Kementerian Perhubungan saat sosialisasi tentang jalur tol Trans Jawa dan sejumlah kota yang dilaluinya:

Cilegon

Cilegon adalah salah satu kota di Provinsi Banten. Kota ini terletak paling barat pulau Jawa, di tepi Selat Sunda. Berikut kuliner yang dapat Anda nikmati ketika berada di kota industri ini:

1. Ayam Bekakak

Ayam bekakak mempunyai rasa khas dan nikmat di lidah. Makanan ini berupa olahan ayam utuh yang dibakar lalu diungkep, dengan racikan bumbu manis.

Di daerah Jawa Barat, ayam bekakak biasanya disajikan pada hari istimewa, seperti sunatan atau pernikahan.

Apabila Anda tertarik untuk mencobanya, dapat berkunjung ke Jalan Raya Kranggot, Jombang Wetan, Kecamatan Jombang, Kota Cilegon, Banten.

Baca juga: Tips Berwisata ke Kabupaten Lebak Banten.

2. Nasi Gonjleng

Nasi gonjleng mempunyai bumbu yang mirip dengan nasi kebuli, beraroma pekak dan kapulaga.

Makanan ini biasanya disajikan dengan acar dan emping. Tak hanya itu, biasanya nasi gonjleng dilengkapi dengan daging sapi, kerbau, kambing, atau ayam.

Pencinta kuliner yang ingin menyicipi makanan ini, dapat mengunjungi Jalan RA Kartini, Nomor 2 RT 005/005, Jombang Wetan, Jombang, Kota Cilegon, Banten.

Tempat makan ini buka setiap hari pukul 07.00-19.00 WIB.

3. Rumah Makan Bu Entin

Rumah Makan Bu Entin sudah terkenal di daerah Banten. Rasanya tak lengkap jika berkunjung ke kota penghasil baja namun tidak mampir ke rumah makan ini.

Menu seafood menjadi andalan, dari ikan bakar yang lezat, otak-otak, dan lain sebagainya.

Rumah makan berlokasi di Jalan Raya Serang-Pandeglang KM 5, Karundang, Cipocok Jaya, Serang, Banten.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X