Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Kuliner di Jakarta dan Jawa Barat yang Sejalur Tol Trans-Jawa

Kompas.com - 21/12/2018, 18:05 WIB
Silvita Agmasari,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tol Trans-Jawa membuat perjalanan di Pulau Jawa kian mudah. Waktu yang lebih hemat di jalan, memberikan waktu lebih untuk mengeksplorasi wisata dan kuliner daerah.

Di jalur Tol Trans-Jawa, pejalan dapat menemukan kuliner otentik daerah. Harganya juga cukup terjangkau untuk disantap bersama sanak keluarga. Berikut daftar kuliner di daerah yang dilintasi Tol Trans Jawa daerah Banten dan Jawa Barat:

1. Cilegon

Tol Trans Jawa dimulai dari Cilegon. Salah satu makanan yang terkenal adalah sate bandeng. Sate bandeng adalah bandeng yang durinya dicabut, daginya diberi bumbu kemudian dimasukkan kembali ke kulit bandeng dan dibakar. Ada juga versi tidak dimasukkan ke kulit bandeng kembali.

Di Cilegon salah satu rumah makan sate bandeng yang terkenal adalah Sate Bandeng Banten Mba Lies, di Jalan Raya Cilegon.

2. Serang

Ada makanan khas bernama rabeg di Serang. Terbuat dari daging kambing dicampur humbu dan rempah yang melimpah. Hidangan satu ini mendapat pengaruh dari Timur Tengah dan konon adalah kesukaan salah satu Sultan Banten.

Rumah makan Rabeg Khas Serang H. Naswi di Jalan Mayor Syafei Nomor 30, Serang jadi salah satu rumah makan paling terkenal.

3. Jakarta

Kerak telor yang semakin langka, dapat menjadi buruan kuliner saat di Jakarta. Selain sulit dicari di daerah lain, kerak telor juga cocok untuk camilan selama perjalanan untuk menelusuri Tol Trans-Jawa

Lokasi mencari kerak telor di Jakarta bisa di Lenggang Jakarta yang berada di Komplek Monas, atau di Kemayoran, tepatnya pinggir jalan menuju JiExpo Kemayoran.

Gabus pucung di Warung Mak Dower, Rawamangun, Jakarta Timur.WWW.DOYANKULINER.COM Gabus pucung di Warung Mak Dower, Rawamangun, Jakarta Timur.

4. Bekasi

Gabus Pucung, makanan khas Betawi juga dapat ditemui di Bekasi. Ini adalah hidangan ikan gabung yang dimasak dengan kluwek sehingga warnanya cokelat pekat, dengan bumbu dan repah lainnya. Kuahnya segar dengan daging ikan lembut dan gurih

Restoran Gabus Pucung Betawi Pekayon di Jalan Raya Pekayon Nomor 55 menjadi salah satu lokasi pilihan untuk bersantap kuliner Betawi ini.

5. Karawang

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com