Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Kuliner Pilihan di Jalur Mudik, dari Brebes hingga Pekalongan

Kompas.com - 21/12/2018, 18:08 WIB
Luthfia Ayu Azanella,
Bayu Galih

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Berbagai sajian kuliner tersedia di sepanjang jalur pantai utara Jawa. Tentu saja ini bisa jadi pilihan untuk bersantap saat Anda dan keluarga melakukan perjalanan mudik di liburan Natal dan akhir tahun 2018 ini.

Jika Anda memulai perjalanan dari Jakarta atau Jawa Barat, maka perut Anda akan mulai terasa lapar dan membutuhkan asupan makanan setibanya di daerah Provinsi Jawa Tengah.

Tidak perlu khawatir, di sepanjang Jalur Pantura Jawa Tengah, akan ada banyak daerah yang Anda lewati dengan berbagai pilihan menu makanan khas yang siap menggugah selera Anda.

Mulai dari Brebes, Tegal, hingga Pekalongan, ada sejumlah sajian yang tentu bisa mengisi waktu saat Anda berwisata kuliner selagi pulang kampung.

Baca juga: Kuliner Pilihan di Jalur Mudik, Hidangan Khas Cilegon hingga Cirebon

Berdasarkan peta kuliner Trans Jawa dari Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, berikut ini beberapa sajian khas yang dapat Anda coba:

Brebes

Di kabupaten yang khas dengan bawang merah dan telur asin ini, Anda dapat mencoba dua olahan kuliner khas berupa Sate Blengong dan Kupat Glabed.

Sate Blengong

Sate blengong bakar khas Brebes, Jawa Tengah.Kristianto Purnomo Sate blengong bakar khas Brebes, Jawa Tengah.
Blengong adalah unggas hasil persilangan bebek dan mentok. Daging blengong mirip dengan daging bebek, hanya saja daging blengong memiliki tekstur yang lebih lembut dan lebih mudah dikunyah.

Sementara untuk rasa, sate blengong memiliki dominasi rasa manis dan gurih.

Sate dengan penggunaan daging blengong mungkin akan sulit Anda temui di luar Brebes, maka tidak ada salahnya untuk mencoba sensasi baru makan sate dengan bahan daging yang unik dan berbeda.

Baca juga: Mencicipi Sate Blengong, Kuliner Khas Brebes Incaran Para Pejabat

Salah satu penjual yang menjajakan menu ini, dapat Anda temui di Jalan KH. Hasyim Ashari, Pasar Batang, Kecamatan Brebes dengan nama Kupat Sate Blengong Kasturi Rajak.

Kupat Glabed

Sajian yang satu ini terdiri dari irisan ketupat yang disajikan dengan sayur papaya muda bersantan dan diberi daging sapi. Seporsi kupat glabed sangat cocok jika dimakan bersama dengan sate blengong karena rasanya sangat cocok.

Salah satu penjul kupat glabed yang ramai dikunjungi pembeli ada di sekitar Masjid Agung Brebes, milik Ibu Inah.

Warung makan ini buka mulai pukul 15.00 hingga 23.00 malam, jadi jangan ragu untuk mampir di jam-jam itu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com