Kompas.com - 21/12/2018, 19:03 WIB
Sate blengong masak khas Brebes, Jawa Tengah. Kristianto PurnomoSate blengong masak khas Brebes, Jawa Tengah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Dari Jawa Barat, melaju terus memasuki kawasan Jawa Tengah. Banyak daerah yang dilalui jalur Tol Trans-Jawa terkenal sebagai sentra kuliner.

Berikut adalah delapan kuliner pilihan di delapan daerah yang sejalur dengan Tol Trans-Jawa, dirangkum oleh KompasTravel berikut ini:

1. Brebes

Sate blengong jadi makanan unik yang bisa dicicip di Brebes. Blengong adalah unggas hasil perkawinan antara bebek dan mentok (entok).

Ada tiga pilihan makanan yang biasa dijual di warung sate blengong, yakni sate bakar, sate masak, dan kupat. Ketiganya punya rasa istinewa, dengan daging blengong yang sangat lebut

Salah satu gerai sate blengong yang legendaris di Brebes adalah Pondok Kupat Sate Blengong Bapak Kasturi Rajak. Terletak di perempatan Islamic Center menuju Pasar Batang, Brebes.

2. Bumiayu

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Aneka gorengan terkenal dari Bumiayu. Misalnya tempe mendhoan, gethuk goreng, dage atau kue dengan ampas kacang yang digumpalkan dan sengaja dijamurkan kemudian digoreng, dan themlek atau ampas tahu goreng. Camilan-camilan khas Bumiayu dapat dibeli di jajanan pinggir jalan.

3. Tegal

Sate kambing muda baru tiga bulan (batibul) adalah rekomendasi bersantap dI Tegal. Berbeda dengan sate kambing lain, sate kambing di Tegal terbilang empuk karena menggunakan daging kambing muda dan tidak berbau prengus.Kesitimewaan lainnya adalah sate kambing ditegal disantap dengan kecap khas daerah yang memperkaya cita rasa.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.