9 Kuliner Pilihan di Jawa Timur yang Sejalur Tol Trans-Jawa - Kompas.com

9 Kuliner Pilihan di Jawa Timur yang Sejalur Tol Trans-Jawa

Kompas.com - 22/12/2018, 13:12 WIB
Kuliner tahu tepo tersaji di Warung Tahu Tepo Mbok Nem di bilangan Jalan Dr. Soetomo, Ngawi, Jawa Timur. Tahu tepo merupakan salah satu kuliner khas Ngawi yang wajib dicoba.KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Kuliner tahu tepo tersaji di Warung Tahu Tepo Mbok Nem di bilangan Jalan Dr. Soetomo, Ngawi, Jawa Timur. Tahu tepo merupakan salah satu kuliner khas Ngawi yang wajib dicoba.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tol Trans Jawa yang terbentang dari Banten sampai Jawa Barat semakin memudahkan perjalanan lintas daerah di Pulau Jawa. Di daerah Jawa Timur, ada berbagai kuliner khas yang dapat dijajal.

Jika lapar saat mengemudi di Tol Trans-Jawa daerah Jawa Timur, tidak ada salahnya untuk melipir dan mencicipi berbagai kuliner seperti berikut ini:

1. Ngawi

Tepo Tahu salah satu makanan khas Ngawi yang cocok dijajal sat melintas di daerah ini. Tepo adalah sejenis lontong dengan tekstur lebih lembut. Sedangkan tahu yang digunakan di tepo tahu adalah tahu telor, tahu yang digoreng dengan dadar telur.

Baca juga: Kuliner Pilihan di Jalur Mudik Trans Jawa, dari Semarang hingga Solo

Tambahkan kol, tauge, dan siram bumbu kacang, kecap, dan air asam jawa. Tepo Tahu memberi sensasi rasa yang baru.

Mudah menemukan penjual tepo tahu di Ngawi, Salah satunya adalah Tahu Tepi Mbah Nem di Kluncing.

2. Magetan

Sekilas bentuk sempolan mirip telur gulung, tetapi sebenarnya sempolan lebih mengenyangkan. Ada adonan tepung janji ditambahkan daging giling ayam yang dibumbui, dibentuk layaknya sate kemudian dicelupkan telur baru digoreng.

Sempolan banyak disukai anak-anak dan menjadi makanan nostalgia masa kecil. Untuk mencari sempolan di Magetan bisa mencari di penjual kaki lima.

3. Madiun

Selain nasi pecel, ada nasi jotos yang terkenal di Madiun. Nasi jotos melambangkan bentuknya yang menyerupai kepalan tangan.

Isinya terdiri dari bihun goreng, telur dadar, tempe orek, dan sayur tumis. Setiap penjual punya ciri khas lauk tersendiri, dan bisanya bisa ditambahkan.

Penjual nasi jotos di Madiun ada warung-warung pinggir jalan. Nasi jotos terkenal sebagai kuliner murah dan mengenyangkan dari Madiun.

4. Kertosono

Asem-asem kambing, makanan khas Kertosono yang terbuat dari daging kambing masah kuah dengan daun kedondong segar dan bumbu lainnya. Rasanya asam segar, membuat nagih. Penjual asem-asem kambing di Kertosono mudah ditemui di daerah Ngluyu.

Kuliner khas Mojokerto, sambal wader tersaji di sebuah warung di Mojokerto, Jawa Timur, Senin (4/6/2018). Sambal wader merupakan salah satu kuliner khas Mojokerto yang sulit ditemui.KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO Kuliner khas Mojokerto, sambal wader tersaji di sebuah warung di Mojokerto, Jawa Timur, Senin (4/6/2018). Sambal wader merupakan salah satu kuliner khas Mojokerto yang sulit ditemui.

5. Mojokerto

Kuliner khas Mojokerto salah satunya adalah sambal wader. Namun makanan satu ini lebih mudah ditemui di daerah Trowulan. Habitat ikan wader adalah Kolam Segaran, situs peninggalan Majapahit.

Di sepanjang Kolam Segaran terdapat banyak penjual sambal wader. Ikan berukuran kecil yang digoreng garing disantap dengan aneka sayur lalap.

6. Porong

Daerah ini terkenal dengan camilan khas yang mengeyangkan yakni ote-ote. Camilan yang dibuat dari tepung dengan berbagai isian seperti daging ayam, tumis jamur, hingga rumpur laut. Bentuknya mirip bakwan goreng, tetapi bedanya di dalam ote-ote tidak ada tepung.

Ote-ote porong dijual di sekitar tanggul lumpur Sidoarjo. Namun yang perlu diperhatikan adalah ada ote-ote porong berisikan daging babi. Bertanyalah sebelum membeli.

7. Gempol

Jika lewat Gempol pastikan untuk membeli kue klepon. Klepon gempol terkenal lezat. Menggunakan bahan alami dengan aroma yang menggugah. Klepon gempol banyak dijual di pinggir jalan, dijual per kotak memang sengaja untuk para pejalan.

Penjual Pecel Semanggi di Surabaya keluar masuk kampung menjajakan dagangannya.KOMPAS.COM/ACHMAD FAIZAL Penjual Pecel Semanggi di Surabaya keluar masuk kampung menjajakan dagangannya.

8. Surabaya

Berbagai daerah punya versi pecel sendiri. Di Surabaya ada pecel semanggi. Penjualnya terbilang langka karena bahannya yang semakin sulit di pasar.

Penjual pecel semanggi biasanya ada di sekitar Taman Bungkul atau Pasar Kupang. Cirinya adalah ibu ibu yang menggendong bakul.

9. Pasuruan

Pasuruan terkenal dengan lontong kupang. Lotong kuah yang disantap dengan kupang olahan petis, cabe, dan gula jawa. Biasanya lontong kupang disantap bersama sate kerang dan lentho.

Penjual lontong kupang mudah ditemui di daerah Pasar Keraton, Pasuruan.


Terkini Lainnya


Close Ads X