Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Aktivitas Menarik yang Bisa Dilakukan saat Liburan ke Yogyakarta

Kompas.com - 22/12/2018, 17:00 WIB
Anggara Wikan Prasetya,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com – Tidak dipungkiri lagi jika Yogyakarta merupakan salah satu tujuan wisata favorit. Tak hanya bagi wisatawan domestik, mereka yang berasal dari luar negeri pun tertarik untuk berlibur ke Jogja.

Yogyakarta memang menyimpan banyak obyek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Ada keindahan pergunungan, pantai, hingga kekayaan budaya, semua itu menjadi magnet penarik kunjungan wisatawan dari seluruh dunia.

Jika tujuan libur Natal dan Tahun Baru adalah Yogyakarta, maka inilah 7 aktivitas menarik yang bisa dilakukan:

1. Menanti sunset di candi tertinggi se-Yogyakarta

Candi Ijo, Candi Tertinggi di YogyakartaKompas.com/Anggara Wikan Prasetya Candi Ijo, Candi Tertinggi di Yogyakarta
Keindahan matahari terbenam memang layak untuk dinantikan. Syahdunya senja akan semakin terasa ketika menantinya di tempat yang spesial. Yogyakarta pun memiliki banyak tempat menarik untuk menanti sunset, salah satunya adalah Candi Ijo.

Tak sekadar peninggalan sejarah masa lalu, Candi Ijo merupakan candi tertinggi di Yogyakarta. Sekarang pun pamornya sedang naik daun sehingga banyak dikunjungi wisatawan, terutama di sore hari.

Pesona senja di Candi Ijo memang spesial. Selain matahari terbenam yang begitu syahdu di ufuk barat, kecantikannya berpadu dengan arsitektur khas candi peninggalan Mataram Kuno pada abad ke-18 ini.

2. Menikmati romantisnya malam di Bukit Bintang

Keindahan gemerlap cahaya lampu Yogyakarta dari Bukit BintangKompas.com/Anggara Wikan Prasetya Keindahan gemerlap cahaya lampu Yogyakarta dari Bukit Bintang
Salah satu tempat terbaik untuk menikmati malam ada di Bukit Bintang. Nama obyek wisata ini mencerminkan pesona keindahan yang tersaji di sana, yakni “bintang”.

Gemerlap cahaya lampu Kota Yogyakarta dan sekitarnya akan terlihat begitu indah dari Bukit Bintang ini. Kerlap-kerlipnya bagaikan bintang menjadi inspirasi penamaan destinasi yang berada di jalan utama menuju Gunungkidul ini.

Jika cuaca cerah, maka bintang di langit yang bertaburan seolah tak mau ketinggalan menghias langit malam. Di sini pun telah tersedia banyak warung makan dan tempat yang nyaman untuk menikmati panorama tersebut.

3. Menyambut keindahan pagi di Spot Riyadi

Pesona Sunrise di Spot RiyadiKompas.com/Anggara Wikan Prasetya Pesona Sunrise di Spot Riyadi
Keindahan tak hanya sekadar milik sunset. Ia juga dimiliki oleh sunrise. Yogyakarta pun memiliki berbagai tempat terbaik untuk menikmati keindahan momen matahari terbenam itu, salah satunya adalah Spot Riyadi.

Ketika cuaca cerah, matahari pagi akan muncul perlahan dari cakrawala barat. Cahaya oranye-nya yang perlahan semakin terang seolah turut mencerahkan cahaya semangat di dalam hati.

Spot Riyadi pun tak hanya menawarkan keindahan momen matahari terbit saja. Panorama Candi Prambanan dari ketinggian berlatar belakang Gunung Merapi yang gagah juga menjadi keunikan tersendiri dari destinasi ini.

4. Menikmati kelembutan pasir putih Pantai Sepanjang

Pagi di Pantai Sepanjang, GunungkidulKompas.com/Anggara Wikan Prasetya Pagi di Pantai Sepanjang, Gunungkidul
Bicara mengenai wisata di Jogja, rasanya tidak lengkap kalau tanpa menyertakan pantai di dalamnya. Yogyakarta memang memiliki deretan pantai-pantai cantik di wilayahnya, salah satunya adalah Pantai Sepanjang.

Pantai yang terletak di Kabupaten Gunungkidul itu memang begitu indah. Sama seperti namanya, garis Pantai Sepanjang memanglah panjang dengan pasir putihnya yang begitu lembut.

Tentu menikmati hamparan pasir putih itu sangatlah menyenangkan. Jika ke Jogja, cobalah untuk berbaring di atas lembutnya pasir putih itu dengan sesekali merasakan sejuknya empasan ombak. Dijamin segala penat akan minggat seketika.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com