Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim Crisis Center Kemenpar Tinjau Langsung Pariwisata Banten

Kompas.com - 24/12/2018, 20:12 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

PANDEGLANG, KOMPAS.com -  Kementerian Pariwisata (Kemenpar) melalui Tim Tourism Crisis Center (TCC), meninjau langsung kondisi ekosistem pariwisata 3A (aksesibilitas, atraksi, amenitas) dampak tsunami selat sunda di sepanjang pantai Carita, Pandeglang, Banten, Senin (24/12).

Saat ini aksesibilitas dari pantai Anyer menuju arah selatan ke Tanjung Lesung sudah berangsur normal. Berbagai kementerian dan lembaga juga sudah turun langsung membantu normalisasi.

“Akses menuju Pantai Carita sudah bisa dilewati sejak Minggu (23/12) pagi. Saat ini PT Adhi Karya sudah melakukan normalisasi akses dari Pasauran sampai Karang Bolong menggunakan alat berat. Dan membersihkan puing dari badan jalan,” ujar Ketua Tim TTC Kemenpar, Guntur Sakti, Senin (24/12/2018).

Akses menuju carita sudah bisa dilewati sejak Minggu (23/12) pagi. Saat ini PT  Adhi Karya melakukan normalisasi akses dari Pasauran sampai Karang Bolong menggunakan alat berat dan membersihkan puing dari badan jalan, Senin (24/12).DOK. TCC KEMENPAR Akses menuju carita sudah bisa dilewati sejak Minggu (23/12) pagi. Saat ini PT Adhi Karya melakukan normalisasi akses dari Pasauran sampai Karang Bolong menggunakan alat berat dan membersihkan puing dari badan jalan, Senin (24/12).

Baca juga: Ketua Asita Banten: Pariwisata di Pantai Anyer Tak Terdampak

Untuk utility dasar seperti telekomunikasi, Guntur yang meninjau langsung, memastikan akses jaringan telekomunikasi masih normal. Sedangkan untuk listrik sedang dalam normaliasi dan diharapkan hari ini sudah berlangsung normal.

“Pihak PLN sedang berupaya menormalisasi listrik di daerah Pantai Carita, Ditargetkan listrik akan kembali normal hari ini,” kata Guntur.

Sejumlah teknisi PLN sedang berupaya mernormalisasi listrik di daerah Pantai Carita, Senin (24/12). Ditargetkan listrik akan kembali normal hari ini.DOK. TCC KEMENPAR Sejumlah teknisi PLN sedang berupaya mernormalisasi listrik di daerah Pantai Carita, Senin (24/12). Ditargetkan listrik akan kembali normal hari ini.

Atraksi pariwisata yang terdampak tsunami dari Pantai Anyer, Pantai Ciputih, Cinangka, Tanjung Lesung, hingga Kecamatan Sumur.

Baca juga: Kisah Turis yang Selamat dari Terjangan Tsunami di Tanjung Lesung

Untuk amenitas, hingga rilis ini diterbitkan, terpantau beberapa hotel dan penginapan dari sepanjang pantai Anyer dari utara hingga selatan mengalami kerusakan, mulai dari rusak ringan, sedang, hingga rusak berat.

“Hotel Mutiara Carita Cottage menjadi salah satu akomodasi yang terdampak. Dari 36 cottages yang mereka miliki sebanyak 15 hingga 20 cottages rusak parah,” kata Guntur.

Tim TCC terus menyusuri kondisi 3A hingga Kawasan KEK Tanjung Lesung dan sekitar untuk melakukan fact finding dan pendataan.

“Setelah fase tanggap darurat baru kita masuk ke masa pemulihan. Di fase pemulihan itu baru kita melakukan strategi untuk SDM, Destinasi dan Pemasaran,” pungkas Guntur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com