Di Warung Ini, Pengunjung Bisa Akses Internet dan Pesan Penginapan

Kompas.com - 25/12/2018, 07:00 WIB
Proyek east ventures yang mendirikan Warung Pintar East VenturesProyek east ventures yang mendirikan Warung Pintar


BANYUWANGI, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur bekerja sama dengan perusahaan rintisan (startup) teknologi ritel “ Warung Pintar” menggarap warung yang dilengkapi dengan akses internet dan informasi pariwisata Banyuwangi.

Warung pintar tersebut akan disebar di beberapa titik wilayah Kabupaten Banyuwangi.

Salah satu warung pintar yang telah didirikan dikelola oleh Budi Santoso, seorang petugas kebersihan. Budi mendirikan warung pintar di dekatnya Taman Blambangan Banyuwangi.

"Saya pesapon. Biasanya saya nyapu di jalan Brawijaya mulai jam 5 sampai jam 11 siang terus fokus di sini," jelas Budi Santoso kepada Kompas.com, Sabtu (22/12/2018).

Haryo ( tutup kepala hijau) bersama bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas di warung pintar yang berada di Taman Blambangan Banyuwangi Sabtu (22/12/2018)KOMPAS.COM/Ira Rachmawati Haryo ( tutup kepala hijau) bersama bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas di warung pintar yang berada di Taman Blambangan Banyuwangi Sabtu (22/12/2018)

Seperti warung pada umumnya, Budi berjualan makanan minuman ringan serta kebutuhan pribadi. Namun yang membedakan, warung pintar tersebut menyediakan akses wifi dan didesain lebih modern.

Selain itu warung ini dilengkapi charger listrik dan pengunjung yang datang bisa langsung memesan penginapan dan mengakses informasi pariwisata yang ada di Kabupaten Banyuwangi.

"Banyak yang ngopi. Nongkrong sambil buka laptop di sini. Makanan sama minumannya beli di sini," kata Budi.

Haryo ( tutup kepala hijau) bersama bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas di warung pintar yang berada di Taman Blambangan Banyuwangi Sabtu (22/12/2018)KOMPAS.COM/Ira Rachmawati Haryo ( tutup kepala hijau) bersama bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas di warung pintar yang berada di Taman Blambangan Banyuwangi Sabtu (22/12/2018)

Sementara itu Harya Putra, Co-Founder Warung Pintar menjelaskan semua aset warung dipinjam-pakaikan kepada pengelola. Selain itu, pengelola juga dibekali dengan pengetahuan IT karena semua sistem warung dikelola secara digital seperti pengelolaan keuangan dan pemantauan stok barang.

"Khusus di Banyuwangi saat ini ada 23 produk UMKM yang akan kita bantu pasarkan. Termasuk di Jakarta. Jadi jika orang Jakarta ingin kopi Banyuwangi nggak harus beli ke Banyuwangi karena biasanya mahal di ongkos kirim. Mereka bisa beli di jaringan warung pintar yang ada di Jakarta," kata Harya.

Ia juga menjelaskan, di setiap warung pintar juga disediakan informasi pariwisata yang bisa diakses dengan mudah dengan layar sentuh mulai informasi destinasi wisata, kuliner, sarana transportasi hingga penginapan.

Warung pintar di Taman Blambangan Banyuwangi dilengkapi dengan informasi wisata yang mudah diakses oleh masyarakatKOMPAS.COM/Ira Rachmawati Warung pintar di Taman Blambangan Banyuwangi dilengkapi dengan informasi wisata yang mudah diakses oleh masyarakat

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X