Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sisi Lain di Balik Eksotisme Toraja

Kompas.com - 26/12/2018, 08:51 WIB
Vitorio Mantalean,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.COM - Siapa tak tahu Suku Toraja di Sulawesi Selatan dengan rumah Tongkonannya? Kunjungan Presiden Joko Widodo, Minggu (23/12/2018) turut andil menyegarkan ingatan kita soal suku yang satu ini.

Dengan kekayaan budaya dan keindahan panorama alamnya, tak ayal Toraja begitu memikat sebagai destinasi wisata. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa di balik pariwisata Toraja, terdapat seluk-beluk sejarah yang bergolak?

Toraja yang dikenal saat ini telah mengalami sejumlah penyesuaian budaya yang membuatnya tidak seratus persen sama dengan Toraja zaman dulu.

Baca juga: Rasakan Sensasi Berkemah di Atas Awan Hanya di Lolai, Toraja Utara

Dikutip dari artikel jurnal Ethnic Tourism and the Renegotiation of Tradition in Tana Toraja (1997), antropolog Kathleen Adams mencatat secara rinci berbagai cerita Suku Toraja menghadapi perubahan zaman sampai pariwisata massal.

Cerita bermula ketika Suku Toraja, yang bermukim di dataran tinggi dan antar-kampungnya terisolasi, mulai berinteraksi dengan suku lain akibat kebijakan politik kolonial Belanda pada 1906.

Baca juga: 6 Tempat Wisata Kuburan Kuno di Toraja 

Aneksasi Belanda terhadap Suku Toraja kemudian membuka jalan bagi praktik misionaris di Tana Toraja. Namun, selama lima dekade, hanya segelintir orang Toraja yang berpindah dari kepercayaan Atuk to Dolo ke Agama Kristen.

Wisatawan domestik dan mancanegara di Kawasan wisata cagar budaya Kete Kesu di Kecamatan Sanggalangi,  Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan. Foto diambil saat liburan menjelang Paskah, Jumat (30/3/2018).KOMPAS.com/AMRAN AMIR Wisatawan domestik dan mancanegara di Kawasan wisata cagar budaya Kete Kesu di Kecamatan Sanggalangi, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan. Foto diambil saat liburan menjelang Paskah, Jumat (30/3/2018).
Baru pada dekade 1960, sejumlah besar Suku Toraja terpaksa beralih ke Agama Kristen lantaran kebijakan pemerintah Indonesia saat itu yang tidak mengakui kepercayaan lokal. Hingga saat ini, tercatat hanya sekitar 5 persen penduduk lokal yang masih teguh memeluk kepercayaan Atuk to Dolo.

Baca juga: Mengenal Uniknya Makanan Khas Toraja

Meski begitu, saat ini sejumlah orang Toraja beragama Kristen pun tetap merayakan rambu solo, ritual pemakaman jenazah yang melibatkan kepercayaan terhadap roh leluhur.

“Bali Kedua” di Masa Orde Baru

Pada awal era Orde Baru, wisata ke Toraja masih belum masif lantaran akses jalan yang buruk, di samping perhatian pemerintah pusat yang cenderung terkonsentrasi di Jawa, Bali, dan Sumatera.

Baca juga: Perhatikan Hal Ini Saat Berkunjung ke Toraja Utara

Tahun 1974, dengan visi memopulerkan wilayah terpencil di Indonesia, rezim Orde Baru memasukkan Tana Toraja sebagai salah satu destinasi bagi wisatawan mancanegara (wisman). Kemudian, Kementerian Pariwisata RI pada 1984 mencanangkan Toraja sebagai “perhentian kedua setelah Bali”.

Satu-dua tahun sebelum keputusan tersebut, tercatat hanya sekitar 400 wisman yang bertandang ke Toraja. Ketika itu, mereka hendak menyaksikan pemakaman Puang dari Sangalla, bangsawan Toraja terakhir yang berdarah murni. Peristiwa ini disiarkan ke negara-negara Eropa, sebut antropolog Toby Volkman (1990).

Lalu, secara mengejutkan, citra “terpencil” dan eksotis Toraja yang dijual oleh pemerintah sukses memikat turis-turis Barat dengan angka yang terus meroket hingga mencapai jumlah 53.000 wisman pada tahun 1994.

Upacara pemakaman Rambu Solo di Tana Toraja, Sulawesi Selatan.BARRY KUSUMA Upacara pemakaman Rambu Solo di Tana Toraja, Sulawesi Selatan.
Akhirnya, segala ulasan para turis dan antropolog yang tertarik mengupas soal Toraja menjadi promosi gratis yang kian melambungkan nama Toraja sebagai destinasi wisata.

Peralihan Toraja menjadi destinasi wisata massal dari suku yang awalnya hidup subsisten membawa polemik tersendiri. Perubahan terjadi dalam tempo yang relatif singkat, sementara budaya yang dihayati anggota suku masih melekat erat.

Satu sisi, pariwisata massal yang merambah Toraja tentu berdampak signifikan bagi arus ekonomi penduduk, terlebih dari hasil penjualan suvenir.

Namun, Tana Toraja bukan museum. Budaya yang dipandang menarik oleh para turis bukan untuk diperdagangkan, melainkan punya unsur sakral yang dihayati oleh anggota suku.

Banyak anggota suku Toraja, khususnya para tetua, merasa resah karena kebudayaan mereka justru terkikis menjadi sebatas tontonan para turis.

Kathleen Adams, pada artikel jurnal terdahulunya Cultural Commoditization in Tana Toraja, Indonesia (1990) malah pernah mencatat soal intervensi pemerintah terhadap budaya Toraja agar dapat terus menarik turis.

Berbagai erong (peti mati) digantung di gua alam di Londa, Toraja. Di samping erong terdapat etalase untuk meletakkan tau-tau (patung kayu) yang dibuat semirip dengan orang yang meninggal dan jenazahnya ada di dalam erong.Kompas.com/Ronny Adolof Buol Berbagai erong (peti mati) digantung di gua alam di Londa, Toraja. Di samping erong terdapat etalase untuk meletakkan tau-tau (patung kayu) yang dibuat semirip dengan orang yang meninggal dan jenazahnya ada di dalam erong.
Selain itu, tak jarang pula pariwisata masif ini membuat orang-orang Toraja merasa terbelakang di antara para turis yang berasal dari peradaban yang lebih modern.

Jengah, pada 1987, sejumlah desa menutup pintu bagi pariwisata. Pariwisata dirasa terlalu jauh mencampuri urusan lokal budaya Toraja.

Pada upacara rambu solo, misalnya. Sebagai informasi, upacara ini bukan semata pemakaman, melainkan juga ajang unjuk kelas sosial.

Semakin tinggi kelas sosial keluarga, biaya upacara pemakaman kian mahal karena bertambahnya jumlah kerbau dan babi yang dijadikan persembahan. Biaya prestise ini juga akan terus membengkak jika semakin banyak tamu yang menyaksikan rambu solo.

Masalahnya, kepentingan pariwisata membuat jumlah turis yang menyaksikan rambu solo juga kian gendut. Di samping itu, orang-orang Toraja perlahan "diminta" berkompromi dengan birokrasi agen perjalanan yang berkaitan dengan “acara pertunjukan” rambu solo.

Mereka juga mesti menampung komentar miring para turis yang merasa ritual tersebut menyia-nyiakan sejumlah besar kerbau dan babi itu. Padahal, sejumlah besar daging kerbau dan babi tersebut akan dibagikan pula pada keluarga yang kekurangan.

Para wisatawan berkunjung ke pemakaman di gua masyarakat Toraja di Londa, Rantepao, Tana Toraja, Sulawesi Selatan, Sabtu (28/12/2013). KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHO Para wisatawan berkunjung ke pemakaman di gua masyarakat Toraja di Londa, Rantepao, Tana Toraja, Sulawesi Selatan, Sabtu (28/12/2013).
Perseteruan Internal

Seiring dengan menggendutnya jumlah kunjungan wisman, Pemerintah Kabupaten Tana Toraja meluncurkan Kursus Pariwisata Khusus Pemandu Lokal pada 1985. Kursus ini bertujuan agar suku-suku Toraja tetap memegang peranan sebagai pemandu di kampung halamannya.

Di sisi lain, demi kepentingan promosi, diharapkan terdapat keseragaman informasi yang nantinya diterima para turis dari para pemandu yang berasal dari kampung-kampung berbeda.

Bak buah simalakama, inisiatif ini justru berbuntut panjang. Terjadi adu mulut antar-pemandu yang latar belakangnya beragam. Masing-masing mendesak agar “Toraja versi budaya mereka”-lah yang diakui sebagai Toraja yang akan diperkenalkan ke mancanegara.

Tentu saja perdebatan ini berunsur politis pula. Pengakuan dari para turis tentu akan mengukuhkan derajat sosial keluarga, selain mengundang lebih banyak turis ke kampung mereka, yang berarti semakin banyak pundi-pundi yang terkumpul.

Untuk menengahi, bangsawan-bangsawan terkemuka dari beberapa kampung yang telah mapan sebagai destinasi wisata ditunjuk sebagai “pengajar” tentang budaya Toraja. Mereka yang lulus ujian akan didaulat sebagai pemandu wisata lokal tersertifikasi.

Upacara pemakaman Rambu Solo di Tana Toraja, Sulawesi Selatan.BARRY KUSUMA Upacara pemakaman Rambu Solo di Tana Toraja, Sulawesi Selatan.
Namun, tak seluruh peserta kursus menyambut baik. Bagi mereka, kursus ini justru menciptakan dikotomi tentang Toraja yang asli dan yang tidak. Padahal, tidak ada satu pun versi budaya Toraja yang lebih benar ketimbang yang tidak diajarkan para bangsawan tadi.

Sebab, sejak dulu Toraja memang beragam. Kondisi geografis yang mengisolasi membuat masing-masing kampung memiliki budaya dan tradisinya masing-masing yang tidak seratus persen seragam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

4 Tips Berkunjung ke Desa Wisata Koto Kaciak, Datang Pagi Hari

4 Tips Berkunjung ke Desa Wisata Koto Kaciak, Datang Pagi Hari

Travel Tips
Cara Menuju ke Desa Wisata Lerep Kabupaten Semarang

Cara Menuju ke Desa Wisata Lerep Kabupaten Semarang

Jalan Jalan
4 Oleh-Oleh Desa Wisata Koto Kaciak, Ada Rinuak dan Celana Gadebong

4 Oleh-Oleh Desa Wisata Koto Kaciak, Ada Rinuak dan Celana Gadebong

Travel Tips
Istana Gyeongbokgung di Korea Akan Buka Tur Malam Hari mulai Mei 2024

Istana Gyeongbokgung di Korea Akan Buka Tur Malam Hari mulai Mei 2024

Travel Update
Desa Wisata Lerep, Tawarkan Paket Wisata Alam Mulai dari Rp 60.000

Desa Wisata Lerep, Tawarkan Paket Wisata Alam Mulai dari Rp 60.000

Jalan Jalan
Itinerary Seharian Sekitar Museum Mpu Tantular Sidoarjo, Ngapain Saja?

Itinerary Seharian Sekitar Museum Mpu Tantular Sidoarjo, Ngapain Saja?

Jalan Jalan
 7 Olahraga Tradisional Unik Indonesia, Ada Bentengan

7 Olahraga Tradisional Unik Indonesia, Ada Bentengan

Jalan Jalan
5 Tips Liburan dengan Anak-anak Menggunakan Kereta Api Jarak Jauh

5 Tips Liburan dengan Anak-anak Menggunakan Kereta Api Jarak Jauh

Travel Tips
Mengenal Desa Wisata Koto Kaciak, Surga Budaya di Kaki Bukit Barisan

Mengenal Desa Wisata Koto Kaciak, Surga Budaya di Kaki Bukit Barisan

Jalan Jalan
Aktivitas Wisata di Bromo Ditutup mulai 25 April 2024, Ini Alasannya

Aktivitas Wisata di Bromo Ditutup mulai 25 April 2024, Ini Alasannya

Travel Update
Bali Jadi Tuan Rumah Acara UN Tourism tentang Pemberdayaan Perempuan

Bali Jadi Tuan Rumah Acara UN Tourism tentang Pemberdayaan Perempuan

Travel Update
Hari Kartini, Pelita Air Luncurkan Penerbangan dengan Pilot dan Awak Kabin Perempuan

Hari Kartini, Pelita Air Luncurkan Penerbangan dengan Pilot dan Awak Kabin Perempuan

Travel Update
Usung Konsep Eco Friendly, Hotel Qubika Bakal Beroperasi Jelang HUT Kemerdekaan RI di IKN

Usung Konsep Eco Friendly, Hotel Qubika Bakal Beroperasi Jelang HUT Kemerdekaan RI di IKN

Hotel Story
Ada Women Half Marathon 2024 di TMII Pekan Ini, Pesertanya dari 14 Negara

Ada Women Half Marathon 2024 di TMII Pekan Ini, Pesertanya dari 14 Negara

Travel Update
5 Tempat Wisata di Tangerang yang Bersejarah, Ada Pintu Air dan Makam

5 Tempat Wisata di Tangerang yang Bersejarah, Ada Pintu Air dan Makam

Jalan Jalan
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com