Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Hanya Pantai, Ini 5 Pilihan Liburan di Haiti

Kompas.com - 28/12/2018, 11:32 WIB
Vitorio Mantalean,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Laut Karibia di Amerika Tengah selalu identik dengan kepulauan tropis berpasir putih dengan nyiur-nyiur menjulang serta laut yang biru jernih.

Namun, salah satu negara di Laut Karibia, Haiti, tak hanya menawarkan pesona pesisirnya.

Negeri yang sempat ramai diperbincangkan ketika dilanda gempa pada 2010 ini rupanya memiliki beragam destinasi selain pesisir yang tak kalah istimewa. 

1. Citadelle Laferrière

Penduduk Haiti menganggapnya sebagai keajaiban ke-8 dunia menilik daya pikatnya yang sulit ditampik. Berada di puncak bukit Pic Laferrière, kompleks menyerupai benteng ini menyuguhkan panorama Haiti dari segala penjuru.

Deretan meriam di kompleks Citadelle Laferrière yang dikelilingi lembah-lembah.SHUTTERSTOCK Deretan meriam di kompleks Citadelle Laferrière yang dikelilingi lembah-lembah.

Di kompleks ini, Anda akan menemui 160 meriam yang berumur nyaris dua ratus tahun dan pernah ditembakkan ke pasukan Inggris, Spanyol, dan Perancis.

2. Bassin Bleu

Air terjun ini memiliki tiga kolam dengan air berwarna pirus. Kolam Bassin Claire merupakan yang paling indah, terutama ketika hari sedang terik.

Menurut mitologi setempat, air terjun di kawasan pegunungan ini didiami peri yang seringkali tinggal di goa. Peri ini pun akan menarik tubuh siapa pun turis yang berniat mencari tahu kedalaman kolam-kolam tadi.

Kolam kebiruan di Bassin Bleu. Menurut mitologi setempat, air terjun ini dihuni oleh peri misterius.Lonely Planet Kolam kebiruan di Bassin Bleu. Menurut mitologi setempat, air terjun ini dihuni oleh peri misterius.
Hindari pelesir ke Bassin Bleu pada musim hujan, sebab ketiga kolam tadi akan dibanjiri oleh air berlumpur.

3. Penyulingan Rum Barbancourt

Berlokasi di sisi utara bandara dan dipagari ladang-ladang tebu, penyulingan rum termasyhur ini siap dikunjungi setiap Jumat dalam kurun November-Mei.

Anda akan diterangkan panjang lebar oleh pemandu soal sejarah rum di wilayah ini, termasuk proses fermentasi dan distilasinya.

Produk rum berusia 15 tahun selalu jadi primadona bagi para pengunjung. Anda dapat mencicipi sampel-nya atau membelinya sekaligus.

4. Grand Rue Artists

Jika Anda berminat pada kesenian kontemporer, destinasi ini mungkin menarik bagi Anda. Para seniman di sini gemar membuat patung berbahan sampah dan rongsokan.

Sosok patung misterius karya seniman-seniman Grand Rue, Haiti. Patung-patung di kawasan ini dibuat berbahan sampah dan rongsokan.Lonely Planet Sosok patung misterius karya seniman-seniman Grand Rue, Haiti. Patung-patung di kawasan ini dibuat berbahan sampah dan rongsokan.
Patung-patung ini menyiratkan soal keseharian orang-orang Haiti. Unsur-unsur spiritual, seks, bahkan politik, terangkum dalam seni patung ini.

5. Karnaval Jacmel

Jacmel merupakan suatu wilayah di Haiti bagian selatan. Namun, ketika karnaval berupa teater raksasa jalanan ini dibuka, penduduk dari berbagai daerah pun turut menyaksikannya langsung. Musik pun menghentak di mana-mana, termasuk musik khas Haiti, rara.

Karnival di Jacmel berupa pementasan teater di sepanjang jalan. Karnival ini selalu digelar setiap tahun pada pengujung Januari.Lonely Planet Karnival di Jacmel berupa pementasan teater di sepanjang jalan. Karnival ini selalu digelar setiap tahun pada pengujung Januari.
Pawai sepanjang jalan penuh oleh sosok-sosok magis terbalut dalam pakaian dan topeng kertas. Ada burung-burung mitologis, sosok-sosok bertanduk, sampai para malaikat yang tengah bertarung melawan iblis dan monster yang menakut-nakuti kerumunan.

Musim karnaval dimulai pada akhir Januari dan senantiasa dipentaskan hingga malam hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com