Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Wisata di Jalur Mudik Trans Jawa, dari Cilegon hingga Batang

Kompas.com - 28/12/2018, 13:47 WIB
Retia Kartika Dewi,
Bayu Galih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tinggal tiga hari lagi menuju Tahun Baru 2019. Beberapa orang biasanya menghabiskan sisa tahun dengan berkumpul bersama keluarga.

Misalnya, seperti pergi mudik ke rumah saudara di luar kota atau sekedar rekreasi ke beberapa tempat wisata.

Jika Anda ingin berpergian menggunakan jalur tol Trans Jawa, Anda bisa mampir ke tempat wisata di tujuh titik ini.

Berikut daftar tempat wisata di jalur tol Trans Jawa dari Cilegon hingga Batang, berdasarkan data yang disajikan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

1. Cilegon

Cilegon adalah sebuah kota di Provinsi Banten yang berada di ujung barat Laut Pulau Jawa.

Kota ini terkenal sebagai kota industri. Kemudian, Cilegon juga dikenal sebagai Kota Baja mengingat kota ini merupakan penghasil baja terbesar di Asia.

Masjid Agung Banten

Masjid Agung Banten berdiri megah, sementara beberapa petugas kebersihan menyapu dan memungut sampah di kawasan Banten Lama, Serang, Banten, Jumat (10/4). Salah satu masjid tertua di Indonesia yang didirikan pada masa Kesultanan Banten tersebut menjadi penanda Kota Serang. Kehidupan warga di Serang lekat dengan suasana yang religius.KOMPAS/DWI BAYU RADIUS Masjid Agung Banten berdiri megah, sementara beberapa petugas kebersihan menyapu dan memungut sampah di kawasan Banten Lama, Serang, Banten, Jumat (10/4). Salah satu masjid tertua di Indonesia yang didirikan pada masa Kesultanan Banten tersebut menjadi penanda Kota Serang. Kehidupan warga di Serang lekat dengan suasana yang religius.
Masjid Agung Banten adalah salah satu masjid tertua di Indonesia yang penuh dengan nilai sejarah. Setiap harinya masjid ini ramai dikunjungi pada peziarah.

Mesjid ini berada di Kawasan Banten Lama yang berjarak 10 km dari Kota Serang, tepatnya berada di Desa Banten, Kecamatan Kasemen.

Pengunjung bisa melakukan berbagai macam kegiatan seperti berziarah, menikmati arsitektur kuno dan unik, serta melihat bukti-bukti bersejarah Kesultanan Banten.

Baca juga: 4 Pilihan Wisata di Banten untuk Long Weekend Natal dan Tahun Baru

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com