Maskapai Asal Portugal Kini Bebas Plastik Sekali Pakai - Kompas.com

Maskapai Asal Portugal Kini Bebas Plastik Sekali Pakai

Kompas.com - 30/12/2018, 08:43 WIB
Ilustrasi sedotan kertasGCapture Ilustrasi sedotan kertas

KOMPAS.COM - Kampanye global demi mengurangi sampah plastik semakin santer terdengar. Sejumlah wilayah dan perusahaan memutuskan untuk mengurangi sampah plastik melalui berbagai kebijakan.

Dalam dunia aviasi, maskapai Portugal, HiFly Airlines baru saja menerapkan kebijakan serupa dengan meniadakan plastik sekali pakai dalam penerbangannya.

Total, maskapai yang mengkhususkan diri pada penerbangan charter ini akan melakukan empat penerbangan uji coba tanpa plastik sekali pakai.

Dilansir dari situs resmi HiFly Airlines, enerbangan uji coba perdana telah dilangsungkan Rabu (26/12/2018) lalu dari Lisbon, Portugal menuju Natal, Brasil.

Baca juga: Restoran Cepat Saji Ini Tak Lagi Gunakan Sedotan Plastik

Pihak maskapai mengkalim bahwa HiFly merupakan maskapai pertama di dunia yang menyandang predikat ini dalam 12 bulan ke depan.

Presiden HiFly Paulo Mirpuri mengklaim bahwa empat penerbangan uji coba tersebut akan mengurangi sebanyak 350 kilogram sampah plastik yang tidak dapat diurai oleh lingkungan.

Kebijakan ini diterapkan pada berbagai benda dalam kabin pesawat seperti gelas, sendok, botol garam dan lada, botol minuman, serta bungkus makanan dan perlengkapan.

Sebagai gantinya, benda-benda tadi akan digantikan dengan bahan bambu, kertas, dan bahan-bahan lain yang dapat dipakai atau didaur ulang.


Terkini Lainnya


Close Ads X