Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Akhir Tahun, Harga Tiket Pesawat Mulai Naik di Lhokseumawe

Kompas.com - 31/12/2018, 10:15 WIB
Masriadi ,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

ACEH UTARA, KOMPAS.com – Memasuki liburan panjang akhir tahun 29 Desember 2018 sampai 1 Januari 2019, harga tiket pesawat dari dan ke Bandara Sultan Malikussaleh, Kabupaten Aceh Utara mulai merangkak naik.

Pengamatan KompasTravel, Sabtu (29/12/2018) maskapai Garuda Indonesia rute Lhokseumawe-Medan mematok harga Rp 1.040.000. Padahal hari biasa tiket termahal hanya sekitar Rp 550.000.

Sedangkan maskapai Wings Air untuk 1 Januari 2019 mematok harga Rp 778.000 dari harga biasa sekitar Rp 500.000 rute Lhokseumawe-Medan. Kenaikan harga ini diduga karena libur panjang yang mengakibatkan terjadi peningkatan jumlah penumpang di rute tersebut.

Salah seorang agensi perjalanan di Lhokseumawe, Winari, menyebutkan harga mulai normal kembali pada 3 Januari 2019. “Biasalah, karena musim liburan, jadi agak mahal,” kata Winari.

Untuk ketersediaan kursi, sambung Winari, seluruh maskapai masih tersedia. “Tapi ya itu, harganya agak mahal,” katanya.

Salah seorang warga Lhokseumawe, Muamamar, menyebutkan dirinya batal menggunakan maskapai rute Lhokseumawe-Medan atau sebaliknya. “Terlalu mahal, lebih baik naik bus saja ke Medan begitu juga sebaliknya ke Lhokseumawe. Jadi lebih murah,” ujarnya.

Dia menyebutkan liburan kali ini bertepatan dengan liburan anak sekolah, sehingga sebagian besar warga memilih berlibur ke Medan, Sumatera Utara.

Sekadar diketahui, Bandara Sultan Malikussaleh dilayani dua maskapai yaitu Wings Air dan Garuda Indonesia dengan menggunakan pesawat jenis ATR berkapasitas 70 penumpang. Bandara itu satu-satunya jalur masuk lewat udara di Aceh Utara dan sekitarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com