10 Tren Kuliner yang Diprediksi Marak di 2019

Kompas.com - 01/01/2019, 15:16 WIB
Sawi KimchiDok. SamWon Shop Sawi Kimchi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki tahun baru para ahli makanan memprediksi tren di dunia kuliner. Makanan, minuman, dan gaya hidup kuliner di 2018 setidaknya membawa sedikit pengaruh pada 2019.

Makanan dari daerah tropis juga kepedulian terhadap lingkungan diprediksi akan menjadi tren kuliner global 2019. Berikut adalah 10 hal di dunia kuliner yang diprediksi menjadi tren pada 2019:

1. Makanan dari Negara Pacific Rim

Bahan makanan dari negara-negara yang berbatasan dengan Samudera Pasifik diprediksi akan semakin diminati. Contohnya makanan dari negara Amerika Selatan dan Asia. Ada buah naga, udang kering (ebi), terasi, sotong, dan sosis asal Filipina yakni longganisa.

2. Makanan yang Mengandung Probiotik

Probiotik diketahui memiliki efek yang baik bagi tubuh. Banyak terkadang pada makanan yang diawetkan seperti kimchi atau sauerkraut, tempe, atau kefir.

3. Lemak Tambahan

Merebaknya diet keto, paleo, grain free, bahkan paleo vegan, membuat banyak orang mencari sumber lemak tambahan. Ada berbagai bahan lemak tambahan di pasaran seperti butter kelapa yang diberi cokelat, bubuk MCT, atau kopi butter.

4. Makanan Beku yang Berbeda

Bahan makanan dan makanan yang dibekukan seperti alpukat, air kelapa, hummus, dan tahini semakin disukai. Beberapa bahan makanan beku seperti keju, es krim salju Taiwan, dan nieves de garrafa dari Meksiko akan semakin mudah ditemui.

Rujak Bumbu Petis Asinan Rumput Laut oleh Chef Syaeful Rizal, Sheraton Grand Jakarta Gandaria City Hotel Dok. Marriott International Rujak Bumbu Petis Asinan Rumput Laut oleh Chef Syaeful Rizal, Sheraton Grand Jakarta Gandaria City Hotel

5. Rumput Laut

Di 2019, penggunaan makanan dengan tambahan rumput laut akan semakin mudah ditemui.

Halaman Berikutnya
Halaman:



Close Ads X