Kiat agar Bagasi Anda Keluar Lebih Dahulu dari Pesawat

Kompas.com - 03/01/2019, 21:15 WIB
Ilustrasi koperSHUTTERSTOCK Ilustrasi koper


JAKARTA, KOMPAS.com — Menunggu bagasi keluar dari pesawat mungkin hal yang biasa bagi penerbangan jarak dekat dengan kapasitas penumpang yang sedikit. Namun, lain soal jika Anda menumpang pesawat dengan kapasitas penumpang sampai ratusan, dan penerbangan jarak jauh.

Rasa lelah semakin menjadi ketika harus menunggu bagasi milik Anda keluar.  Sebenarnya ada berbagai cara agar bagasi Anda keluar terlebih dahulu daripada milik orang lain.

"Pilihan terbaik adalah menjadi penumpang terakhir yang mengumpulkan bagasi. Tas-tas tersebut akan selalu dibawa dari yang pertama check in bagasi sampai yang terakhir. Jadi jika Anda check in bagasi terakhir, tas Anda diangkut terakhir ke pesawat dan dikeluarkan pertama," kata penangan bagasi dari bandara regional Amerika Serikat, Thomas Lo Scuito.

Baca juga: Naik Pesawat, Bagasi Seperti Apa yang Harus Dibungkus Plastik?

Jika Anda bukan penumpang pesawat yang suka check in dengan waktu yang mepet, Lo Scuito memberi alternatif lain.

Mintalah staf maskapai untuk menempel stiker pecah belah atau di koper milik Anda. Sebab, kebanyakan koper dengan tanda tersebut lebih ditangani dengan hati-hati, tidak ditimpa barang bawaan lain, dan ditaruh di tempat paling atas dari bagasi lain.

Cara lainnya yang paling praktis tentu saja membawa bagasi jinjing yang dapat muat di kabin. Namun, dengan cara ini berarti tidak boleh membawa cairan dalam jumlah berlebih dan ukuran tas dan bobot harus sesuai peraturan maskapai.

"Selalu ingat untuk bersikap baik kepada agen di counter check in dan di gerbang. Semakin bersahabat Anda, semakin mudah mendapatkan apa yang Anda inginkan," kata Lo Scuito.



Close Ads X