Perairan Pulau Lahe, Destinasi Baru Penyelaman di Pohuwato

Kompas.com - 05/01/2019, 11:03 WIB
Pulau Lahe di Kabupaten Pohuwato, Gorontalo yang eksotis dengan pasir yang lembut dan hamparan terumbu karang yang memesona.ARSIP PEMKAB POHUWATO Pulau Lahe di Kabupaten Pohuwato, Gorontalo yang eksotis dengan pasir yang lembut dan hamparan terumbu karang yang memesona.

GORONTALO, KOMPAS.com - Terumbu karang dan biota di perairan Pulau Lahe telah membuka mata penggemar wisata selam dengan keindahan dan keunikannya.

Eksplorasi yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Pohuwato memberi informasi yang signifikan tentang pesona bawah laut pulau kecil ini.

Koral yang masih alami belum terjamah tangan manusia menjadi rumah bagi ikan dan hidupan liar bawah lautnya yang menarik. Jeninsya sangat beragam, memberi daya tarik bagi yang ingin melakukan penyelaman di sini.

Baca juga: 3 Pulau Cantik Andalan Pariwisata Gorontalo

Inilah spot penyelaman eksotis yang baru diperkenalkan Pemerintah Kabupaten Pohuwato, Gorontalo.

"Kami sedang mengenalkan Pulau Lahe yang eksotis ke wisatawan penggemar selam," kata Irfan Saleh, Kepala Badan Perencanaan dan Penelitian Pembangunan (Baperlitbang) Kabupaten Pohuwato, Jumat (4/1/2019).

Baca juga: Menyaksikan Kemunculan Hiu Paus di Perairan Gorontalo

Pulau Lahe adalah pulau kecil yang berada di Teluk Tomini. Pulau ini memiliki kekayaan keanekaragaman hayati bawah air yang menawan. Selama ini potensinya belum digarap, bahkan informasinya sangat minim.

Namun sejak Pemkab Pohuwato melakukan eksplorasi dan pendataan, pulau ini mulai dilirik para penyelam, termasuk yang biasa ke Kepulauan Togean.

Destinasi baru Pulau Lahe ini menjadi alternatif para penyelam dunia sebelum atau sesudah ke Togean. "Wisatawan mancanegara mulai berdatangan, ini kabar yang menggembirakan," ujar Irfan Saleh.

Kerapatan koral dan keberagaman jenisnya menjadi daya tarik yang memikat, juga biota lain yang hidup di sekitarnya.

Bagi banyak penyelam, ini adalah nilai yang tinggi untuk turun ke laut sekitar Pulau Lahe.



Close Ads X