8 Fakta Unik tentang Gunung Sumbing via Bowongso

Kompas.com - 07/01/2019, 15:12 WIB
Pemandangan terbuka di jalur Bowongso Gunung Sumbing, Wonosobo, Jawa Tengah.KOMPAS.COM / VITORIO MANTALEAN Pemandangan terbuka di jalur Bowongso Gunung Sumbing, Wonosobo, Jawa Tengah.

KOMPAS.com - Memasuki tahun baru, sejumlah gunung di Pulau Jawa dinyatakan tertutup untuk pendakian. Salah satu gunung yang masih dinyatakan buka ialah Gunung Sumbing di Jawa Tengah.

Gunung Sumbing mempunyai beberapa jalur untuk dilewati, dengan jalur Garung sebagai yang paling populer karena letak basecamp-nya persis di tepi jalan raya dan berjarak dekat dengan Terminal Mendolo, Wonosobo.

Namun, bagi Anda yang suka suasana sepi kala mendaki, jalur Bowongso yang belum setenar Garung dapat Anda coba. Letaknya juga tidak begitu jauh dari Terminal Mendolo.

Seperti apakah jalur Bowongso Gunung Sumbing?

1. Dekat dengan Terminal Mendolo, Wonosobo

Jarak yang dekat dengan Terminal Mendolo membuat pendaki yang datang dari luar kota tidak perlu menguras banyak waktu guna mencapai basecamp Bowongso.

Dari sini, Anda tinggal merogoh kocek sebesar Rp 25.000 untuk menyewa bus kecil dengan waktu tempuh selama 1 jam ke basecamp.

2. Dibekali oleh pihak basecamp

Ketika hendak memulai pendakian, pihak basecamp Bowongso bakal membekali Anda dengan peta rute, radio HT, dan sekantong santan serta kopi.

Peta rute akan membantu Anda dalam mengenali percabangan jalur, sedangkan radio HT berguna untuk mempermudah komunikasi dengan pihak basecamp. Anda juga akan diminta untuk rutin melapor di setiap pos yang Anda singgahi.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X