Menikmati Keindahan Danau Laut Tawar Aceh Tengah dari Dermaga Dedalu

Kompas.com - 08/01/2019, 12:04 WIB
Seorang anak berfoto dengan latar belakang danau di Dermaga Dedalu, Desa Dedalu, Kecamatan Lut Tawar, Kabupaten Aceh TengahKOMPAS.com/MASRIADI Seorang anak berfoto dengan latar belakang danau di Dermaga Dedalu, Desa Dedalu, Kecamatan Lut Tawar, Kabupaten Aceh Tengah


ACEH TENGAH, KOMPAS.com – Puluhan wisatawan lokal memenuhi lintasan jalan lingkar, Senin (7/1/2018), Danau Laut Tawar di Desa Dedalu, Kecamatan Lut Tawar, Kabupaten Aceh Tengah. Nama Dermaga Dedalu, mengambil nama dari nama desa di lokasi tersebut.

Lokasi parkir bisa di sisi kiri-kanan jalan dan berada di ketinggian. Sementara, dermaga berada di bawah.

Untuk ke obyek wisata Danau Laut Tawar, wisatawan harus menuruni tangga. Setiba di bawah, terdapat pondok lesehan yang dibangun oleh Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah. Di pondok itu, warga bisa beristirahat sembari menikmati penganan. Di sana, juga tersedia kafe.

Bagian tengah kafe terdapat taman buatan yang berbentuk melingkar. Taman itu cocok untuk tempat permainan anak.

Selain itu, musala dan lokasi mandi cuci kakus juga tersedia. Kondisi toilet cukup bersih dan relatif membuat pengunjung nyaman.

Seorang anak berfoto dengan latar belakang danau di Dermaga Dedalu, Desa Dedalu, Kecamatan Lut Tawar, Kabupaten Aceh TengahKOMPAS.com/MASRIADI Seorang anak berfoto dengan latar belakang danau di Dermaga Dedalu, Desa Dedalu, Kecamatan Lut Tawar, Kabupaten Aceh Tengah

Setelah pondok dan taman ini terdapat jembatan memanjang ke bibir Danau Laut Tawar. Di ujung jembatan itulah dibangun sejenis dermaga. Di sini, obyek paling diburu wisatawan untuk berswafoto dan foto bersama.

Di lokasi itu tersedia satu kursi memanjang dan cocok berfoto dengan latar belakang gunung dan hamparan Danau Laut Tawar. Tersedia pula satu perahu yang membawa wisatawan berkeliling danau.

Untuk masuk ke obyek wisata ini pun terbilang murah. Cukup membayar tiket masuk Rp 5.000 per orang dan biaya parkir Rp 5.000 per kendaraan roda dua, dan Rp 10.000 per kendaraan roda empat.

“Lokasinya bagus, udaranya sejuk dan teduh. Perlu juga dibuat penghijauan yang memadai di kawasan tamannya, agar jika terik matahari, masih nyaman berfoto di kebun bunga dan taman,” ujar salah seorang wisatawan, Jafaruddin Yusuf.

Seorang anak berfoto dengan latar belakang danau dan kapal di Dermaga Dedalu, Desa Dedalu, Kecamatan Lut Tawar, Kabupaten Aceh TengahKOMPAS.com/MASRIADI Seorang anak berfoto dengan latar belakang danau dan kapal di Dermaga Dedalu, Desa Dedalu, Kecamatan Lut Tawar, Kabupaten Aceh Tengah

Untuk menuju obyek wisata paling populer setahun terakhir ini, juga cukup mudah. Begitu tiba di pusat Kota Takengon, Aceh Tengah, tersedia penunjuk arah yang mengarahkan ke Danau Laut Tawar.

Ikuti penunjuk arah itu, setelah itu akan simpang, berbeloklah ke kiri hingga jembatan. Setelah jembatan akan ada persimpangan dan belok ke kiri lagi. Jalan ini akan mengantarkan wisatawan berkeliling Danau Laut Tawar.

Butuh waktu sekitar sepuluh menit dari Kota Takengon menuju obyek wisata ini. Wisatawan yang menginap di pusat kota mudah menuju lokasi itu.

“Ini spot sangat instagenic,” terang Rahma, wisatawan lainnya.

Nah, jika Anda berkunjung ke dataran tinggi itu, silakan mengunjungi Dermaga Dedalu. Bersantai, menikmati panorama alam nan indah ditemani semilir angin nan segar.




Close Ads X