Saat Ini Masuk Museum Maritim Masih Gratis - Kompas.com

Saat Ini Masuk Museum Maritim Masih Gratis

Kompas.com - 09/01/2019, 13:02 WIB
Pengunjung berfoto di salah satu sisi Museum Maritim, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (8/1/2019).KOMPAS.com/SHERLY PUSPITA Pengunjung berfoto di salah satu sisi Museum Maritim, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (8/1/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Museum Maritim Tinia Budiati mengatakan, saat ini pihaknya belum mengenakan tarif untuk pengunjung yang hendak berwisata sejarah di museum yang terletak di kawasan Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara ini.

Ia mengatakan, pengunjung akan dipungut tarif setelah grand launching museum dilaksanakan.

"Kalau Desember 2018 itu kan baru soft launching. Pembangunan museum baru 70 persen. Nanti akan di-grand launching sekitar bulan Juli 2019," ujar Tinia saat ditemui, Selasa (8/1/2019).

Baca juga: Museum Maritim Singapura Buka Lagi, Konsep Baru Cocok untuk Keluarga

Meski demikian, Tinia belum dapat memastikan berapa besaran tarif masuk yang akan dikenakan kepada pengunjung museum yang dikelola PT Pelindo II ini nantinya.

Salah satu sisi Museum Maritim, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (8/1/2019).KOMPAS.com/SHERLY PUSPITA Salah satu sisi Museum Maritim, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (8/1/2019).
Menurutnya tarif masuk museum akan ditentukan saat pihaknya telah berkoordinasi dengan pengelola museum-museum yang dikelola swasta lainnya di Jakarta.

"Nanti kan kami juga akan koordinasi dengan pengelola Museum Macan misal ya, dan pengelola museum swasta lainnya. Jadi kalau ditanya berapa tarifnya nanti, kami belum pastikan," kata dia.

Baca juga: 6 Stasiun di Jakarta dan Sekitarnya yang Berdekatan dengan Museum

Tinia menambahkan, di museum maritim pertama di Indonesia ini nantinya pengunjung tak hanya dapat menikmati berbagai diorama dan alat peragaan mengenai sejarah pelabuhan. Namun nantinya pengelola akan menyediakan fasilitas berkeliling sekitar pelabuhan.

"Kalau sekarang kan transportasi ke sini (museum) kan masih sulit. Nanti rencananya akan ada mobil yang bisa digunakan wisatawan berkeliling dan difasilitasi dengan pemandu. Rencananya itu nanti masuk dalam tarif masuk," tuturnya.

Pengunjung berfoto di salah satu sisi Museum Maritim, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (8/1/2019).KOMPAS.com/SHERLY PUSPITA Pengunjung berfoto di salah satu sisi Museum Maritim, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (8/1/2019).
Sebagai informasi, meski pembangunan belum selesai 100 persen, Anda sudah dapat menyambangi museum ini setiap hari Selasa hingga Jumat pada pukul 09.00-16.00 WIB, kemudian hari Sabtu hingga Senin pada pukul 09.00-17.00 WIB.

Setiap hari Senin dan hari libur nasional museum ini tutup.



Close Ads X