Cara Menuju Museum Maritim Tanjung Priok dengan Transportasi Umum

Kompas.com - 09/01/2019, 16:15 WIB
Pengunjung berfoto di salah satu sisi Museum Maritim, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (8/1/2019).Kompas.com/SHERLY PUSPITA Pengunjung berfoto di salah satu sisi Museum Maritim, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (8/1/2019).


KOMPAS.com - Museum Maritim merupakan destinasi wisata sejarah baru yang berada di kawasan Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Untuk menuju lokasi itu Anda dapat memanfaatkan transportasi umum. Halte Tanjung Priok merupakan halte terdekat dari Museum Maritim. Anda dapat menggunakan Tranjakarta rute PGC 2- Tanjung Priok atau Kota-Tanjung Priok.

Sedangkan stasiun paling dekat adalah Stasiun Tanjung Priok. Anda dapat menggunakan KRL rute Jakarta Kota-Tanjung Priok atau Rajawali-Tanjung Priok.

Baca juga: Museum Maritim, Saksi Sejarah Pelabuhan Indonesia dari Masa ke Masa

Jarak Museum Maritim dengan Stasiun Tanjung Priok atau alte yang berlokasi di dalam terminal Tanjung Priok sekitar 2,3 kilometer. Jika tak ingin berjalan kaki, Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan ojek.

Saat akan memasuki kawasan pelabuhan, anda harus membayar biaya masuk Rp 3.000. Jarak gerbang masuk pelabuhan dengan Museum Maritim tak begitu jauh.

Kepala Museum Maritim Tinia Budiati mengatakan, saat ini akses masuk menuju Museum Maritim memang belum terlalu mudah. Namun rencananya, pengelola akan menyediakan mobil antar-jemput untuk para pengunjung dari Halte atau Stasiun Tanjung Priok.

Pengunjung berfoto di salah satu sisi Museum Maritim, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (8/1/2019).Kompas.com/SHERLY PUSPITA Pengunjung berfoto di salah satu sisi Museum Maritim, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (8/1/2019).
Pengelola baru saja menggelar soft launching museum ini pada 7 Desember 2018. Progress pembangunan museum sendiri telah mencapai 70 persen dan diperkirakan akan selesai pada bulan Juli 2019.

Selama pembangunan belum selesai 100 persen, pengunjung sudah dapat mengunjungi mseum kemritiman pertama di Indinesia ini secara gratis.

Meski demikian pengelola belum dapat memastikan berapa besaran tarif masuk yang akan dikenakan kepada pengunjung museum yang dikelola PT Pelindo II ini nantinya.

Menurut Tinia tarif masuk museum akan ditentukan saat pihaknya telah berkoordinasi dengan pengelola museum-museum yang dikelola swasta lainnya di Jakarta.

Sebagai informasi, Museum Maritim buka setiap hari Selasa hingga Jumat pada pukul 09.00-16.00 WIB, kemudian hari Sabtu hingga Senin pada pukul 09.00-17.00 WIB.

Setiap hari Senin dan hari libur nasional museum ini tutup.




Close Ads X