Kemenpar Rilis 10 Acara Unggulan Pariwisata Sepanjang 2019

Kompas.com - 09/01/2019, 17:37 WIB
Para pelari ber-swafoto pakai medali Bank Jateng Borobudur Marathon 2018 di depan candi Borobudur Magelang, Minggu (18/11/2018).KOMPAS.com/IKA FITRIANA Para pelari ber-swafoto pakai medali Bank Jateng Borobudur Marathon 2018 di depan candi Borobudur Magelang, Minggu (18/11/2018).

KOMPAS.com - Indonesia memang kaya akan budaya dan pesonanya. Dari ujung barat ke ujung timur, hampir setiap wilayah mempunyai kegiatan pariwisata yang menarik perhatian wisatawan.

Kementerian Pariwisata ( Kemenpar) memetakan 10 acara yang menjadi unggulan pada tahun 2019 ini.

Penentuan tersebut berdasarkan pada empat standar, yaitu nilai kreativitas, nilai komersial, dan nilai komunikasi acara tersebut, serta komitmen kepala daerah mengembangkan pariwisata.

Dalam akun resmi Twitter Sekretariat Negara (Kemensetneg), penentuan ini diawali dengan pembentukan tim kurator acara yang bertugas melakukan penyeleksian event pariwisata dari seluruh dinas pariwisata di Indonesia.

Dengan pemetaan ini, diharapkan jumlah kunjungan wisatawan akan meningkat.

Berikut sepuluh daftar acara atau Calendar of Events (CoE) Wonderful Indonesia 2019 yang menjadi unggulan, berdasarkan informasi dari Kementerian Pariwisata:

1. Bintan Triathlon

10 acara unggulan versi Kementerian PariwisataKemenpar 10 acara unggulan versi Kementerian Pariwisata
Bintan Triathlon akan dilaksanakan di Bintan Langon Resort, Riau. Acara yang mengombinasikan olahraga altletik seperti lari, renang, dan bersepeda ini akan terlaksana pada 7-9 Juni 2019.

Tidak hanya memikat wisatawan lokal, Bintan Triathlon juga diikuti oleh turis luar negeri. Acara ini telah terlaksana sebanyak 12 kali dengan jumlah peserta 1.200 orang dari 39 negara.

Pantauan Kompas.com, registrasi acara ini sudah dapat dilakukan di situs resmi Bintan Triathlon.

2. Java Jazz Festival

Musisi Dionne Warwick tampil saat Java Jazz Festival 2018 hari pertama di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (2/3/2018) malam. Sejumlah penyanyi seperti Tesla Manaf, Dira Sugandi, Kunto Aji, dan Lee Ritenour tampil menghibur penonton pada hari pertama Java Jazz Festival 2018.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Musisi Dionne Warwick tampil saat Java Jazz Festival 2018 hari pertama di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (2/3/2018) malam. Sejumlah penyanyi seperti Tesla Manaf, Dira Sugandi, Kunto Aji, dan Lee Ritenour tampil menghibur penonton pada hari pertama Java Jazz Festival 2018.
Penggemar musik jazz pastinya tidak akan melewatkan acara ini. Java Jazz festival terlaksana di Jakarta dan akan berlangsung pada 1-3 Maret 2019.

Sebuah festival musik jazz terbesar, menyuguhkan berbagai genre musik berbalut jazz. Festival ini menampilkan pemula hingga para bintang yang tengah bersinar, serta para legenda musik jazz.

Tahun ini, Java Jazz menyiapkan sejumlah nama dari musisi internasional dan dalam negeri. Unggulan tahun ini adalah Toto.

Pembelian tiket sudah dapat dilakukan melalui situs resmi Java Jazz Festival yang terbagi menjadi tiga kategori, yaitu daily pass, three day pass, dan special show.

Baca juga: Toto dan Raveena Akan Tampil di Panggung Special Show Java Jazz Festival 2019

3. Karnaval Kemerdekaan

10 acara unggulan versi Kementerian PariwisataKemenpar 10 acara unggulan versi Kementerian Pariwisata
Karnaval Kemerdekaan menduduki urutan ketiga dari acara yang menjadi unggulan versi Kemenpar.

Acara yang dikoordinasi oleh JFC ini terlaksana kali pertama di Jakarta pada 18 Agustus 2019.

Adapun, acara ini diselenggarakan setiap tiga tahun sekali, dengan tempat yang berganti-ganti, disesuaikan dengan tema karnaval yang diangkat.

Halaman:



Close Ads X