Kemenpar Rilis 10 Acara Unggulan Pariwisata Sepanjang 2019

Kompas.com - 09/01/2019, 17:37 WIB
Para pelari ber-swafoto pakai medali Bank Jateng Borobudur Marathon 2018 di depan candi Borobudur Magelang, Minggu (18/11/2018).KOMPAS.com/IKA FITRIANA Para pelari ber-swafoto pakai medali Bank Jateng Borobudur Marathon 2018 di depan candi Borobudur Magelang, Minggu (18/11/2018).

KOMPAS.com - Indonesia memang kaya akan budaya dan pesonanya. Dari ujung barat ke ujung timur, hampir setiap wilayah mempunyai kegiatan pariwisata yang menarik perhatian wisatawan.

Kementerian Pariwisata ( Kemenpar) memetakan 10 acara yang menjadi unggulan pada tahun 2019 ini.

Penentuan tersebut berdasarkan pada empat standar, yaitu nilai kreativitas, nilai komersial, dan nilai komunikasi acara tersebut, serta komitmen kepala daerah mengembangkan pariwisata.

Dalam akun resmi Twitter Sekretariat Negara (Kemensetneg), penentuan ini diawali dengan pembentukan tim kurator acara yang bertugas melakukan penyeleksian event pariwisata dari seluruh dinas pariwisata di Indonesia.

Dengan pemetaan ini, diharapkan jumlah kunjungan wisatawan akan meningkat.

Berikut sepuluh daftar acara atau Calendar of Events (CoE) Wonderful Indonesia 2019 yang menjadi unggulan, berdasarkan informasi dari Kementerian Pariwisata:

1. Bintan Triathlon

10 acara unggulan versi Kementerian PariwisataKemenpar 10 acara unggulan versi Kementerian Pariwisata
Bintan Triathlon akan dilaksanakan di Bintan Langon Resort, Riau. Acara yang mengombinasikan olahraga altletik seperti lari, renang, dan bersepeda ini akan terlaksana pada 7-9 Juni 2019.

Tidak hanya memikat wisatawan lokal, Bintan Triathlon juga diikuti oleh turis luar negeri. Acara ini telah terlaksana sebanyak 12 kali dengan jumlah peserta 1.200 orang dari 39 negara.

Pantauan Kompas.com, registrasi acara ini sudah dapat dilakukan di situs resmi Bintan Triathlon.

2. Java Jazz Festival

Musisi Dionne Warwick tampil saat Java Jazz Festival 2018 hari pertama di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (2/3/2018) malam. Sejumlah penyanyi seperti Tesla Manaf, Dira Sugandi, Kunto Aji, dan Lee Ritenour tampil menghibur penonton pada hari pertama Java Jazz Festival 2018.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Musisi Dionne Warwick tampil saat Java Jazz Festival 2018 hari pertama di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (2/3/2018) malam. Sejumlah penyanyi seperti Tesla Manaf, Dira Sugandi, Kunto Aji, dan Lee Ritenour tampil menghibur penonton pada hari pertama Java Jazz Festival 2018.
Penggemar musik jazz pastinya tidak akan melewatkan acara ini. Java Jazz festival terlaksana di Jakarta dan akan berlangsung pada 1-3 Maret 2019.

Sebuah festival musik jazz terbesar, menyuguhkan berbagai genre musik berbalut jazz. Festival ini menampilkan pemula hingga para bintang yang tengah bersinar, serta para legenda musik jazz.

Tahun ini, Java Jazz menyiapkan sejumlah nama dari musisi internasional dan dalam negeri. Unggulan tahun ini adalah Toto.

Pembelian tiket sudah dapat dilakukan melalui situs resmi Java Jazz Festival yang terbagi menjadi tiga kategori, yaitu daily pass, three day pass, dan special show.

Baca juga: Toto dan Raveena Akan Tampil di Panggung Special Show Java Jazz Festival 2019

3. Karnaval Kemerdekaan

10 acara unggulan versi Kementerian PariwisataKemenpar 10 acara unggulan versi Kementerian Pariwisata
Karnaval Kemerdekaan menduduki urutan ketiga dari acara yang menjadi unggulan versi Kemenpar.

Acara yang dikoordinasi oleh JFC ini terlaksana kali pertama di Jakarta pada 18 Agustus 2019.

Adapun, acara ini diselenggarakan setiap tiga tahun sekali, dengan tempat yang berganti-ganti, disesuaikan dengan tema karnaval yang diangkat.

Karnaval Kemerdekaan akan menghimpun berbagai ragam karnaval di Indonesia.

4. Asia Afrika Festival

Jutaan orang memenuhi kawasan Alun - alun sampai tumpah ke jalan di Jalan Asia Afrika, Bandung, Jawa Barat. Arus lalu lintas tersendatKOMPAS.com/Rio Kuswandi Jutaan orang memenuhi kawasan Alun - alun sampai tumpah ke jalan di Jalan Asia Afrika, Bandung, Jawa Barat. Arus lalu lintas tersendat
Acara yang berlokasi di Gedung Konferensi Asia Afrika, Bandung, Jawa Barat ini dijadwalkan terlaksana pada 19 Mei 2019.

Karnaval Asia Afrika merupakan acara yang menampilkan parade kostum terbaik dari negara Asia dan Afrika.

Festival tersebut bertujuan untuk memperingati konferensi negara-negara di Asia dan Afrika, mempromosikan kerja sama ekonomi, dan kebudayaan Asia Afrika melawan kolonialisme atau neokonolialisme.

Selain itu, juga bertujuan mempromosikan Indonesia ke seluruh dunia.

5. Borobudur Marathon

Komunitas Ubur-Ubur Lari saat mengikuti Borobudur Marathon 2018 Komunitas Ubur-Ubur Lari saat mengikuti Borobudur Marathon 2018
Di tahun ini, acara Borobudur Marathon dijadwalkan akan terselenggara pada 17 November 2019.

Acara akan berlokasi di tempat yang sama dengan sebelumnya, yakni di Kompleks Taman Lumbini, Kawasan Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Acara lari bertaraf internasional ini menyuguhkan pesona alam di sekitar Candi Borobudur yang begitu kental dengan budayanya.

Baca juga: Ajang Borobudur Marathon 2018, Ucapan Terima Kasih untuk Warga Magelang hingga Tips dari Sang Juara

6. Banyuwangi Ethno Carnival

10 acara unggulan versi Kementerian PariwisataKemenpar 10 acara unggulan versi Kementerian Pariwisata
Banyuwangi Ethno Carnival berlokasi di Taman Blambangan pada 28 Juli 2019. Acara ini merupakan sebuah karnaval yang menyuguhkan berbagai busana etnik.

Budaya Jawa, Madura, Bali, Padalungan, dan Osing bercampur menjadi satu menjadi suatu ekspresi seni yang unik dan menarik.

Tak hanya itu, karnaval ini juga disertai alunan suara dan gerak Gandrung Sewu yang menjadi ikon Kabupaten Bayuwangi.

Karnaval dilaksanakan sepanjang jalan, sehingga orang-orang dapat menikmatinya.

7. Jember Fashion Carnaval

10 acara unggulan versi Kementerian PariwisataKemenpar 10 acara unggulan versi Kementerian Pariwisata
Acara Jember Fashion Carnaval (JFC) dijadwalkan akan terlaksana selama empat hari berturut-turut, tepatnya pada 31 Juli-4 Agustus 2019.

Jember Fashion Carnaval merupakan sebuah festival yang terlaksana dijalanan sepanjang lebih dari tiga kilometer.

Karnaval ini diisi dengan beragam pameran fashion dan kebudayaan.

8. Sanur Village Festival

10 acara unggulan versi Kementerian PariwisataKemenpar 10 acara unggulan versi Kementerian Pariwisata
Sanur Village Festival (SVF) 2019 akan terselenggara di Pantai Matahari Terbit, Sanur, Bali pada 21-25 Agustus 2019 mendatang.

Sanur Village Festival merupakan sebuah pesta rakyat tahunan yang menarik minat wisatawan.

Acara ini berisikan gabungan dari berbagai kegiatan berskala besar yang menyangkut pameran ekonomi kreatif, makanan, atraksi seni budaya, musik, berbagai kontes dan lomba.

9. Pesta Kesenian Bali

10 acara unggulan versi Kementerian PariwisataKemenpar 10 acara unggulan versi Kementerian Pariwisata
Masih dari Bali, pesta kesenian berlokasi di Taman Budaya Art Centre, Bali ini menjadi salah satu acara unggulan pemerintah Indonesia.

Acara yang dijadwalkan berlangsung pada 15 Juni-13 Juli 2019 tersebut diklaim menjadi festival seni tepanjangdan paling meriah dalam tradisi festival di Indonesia.

Acara ini melibatkan ribuan senimah dari seluruh penjuru Bali. Ditampilkan berjenjang melalui kompetisi tingkat desa, kecamatan, kabupaten, dan provinsi.

10. F8 Makassar 2019

10 acara unggulan versi Kementerian PariwisataKemenpar 10 acara unggulan versi Kementerian Pariwisata
Acara ini diselenggarakan di wilayah Pantai Losari pada 4-8 September 2019 mendatang.

F8 Makassar memadukan seluruh potensi kreatif, baik dari fashion, makanan, fiction writers and fonts, fine art, folks, fusion music, flora, fauna, dan film pada tradisi dan budaya lokal yang disajikan dalam satu panggung berlatar alam.



Close Ads X