3 Destinasi Wisata Unik dan Menarik di Kabupaten Sikka

Kompas.com - 09/01/2019, 19:17 WIB
Pantai Koka di Kabupaten Sikka, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur.KOMPAS.com/NANSIANUS TARIS Pantai Koka di Kabupaten Sikka, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur.

MAUMERE, KOMPAS.com - Kabupaten Sikka di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur menyimpan sejumlah destinasi menarik dan layak dikunjungi wisatawan dalam dan luar negeri. Berikut 3 destinasi wisata menarik di Kabupaten Sikka.

1. Pantai Koka

Pantai Koka adalah salah satu objek wisata menarik yang letaknya tidak terlalu jauh dari kota Maumere. Pasir pantainya yang bersih dan air lautnya yang jernih serta tebing-tebing karang yang memagari pantai membuat tempat ini mulai dilirik para wisatawan.

Baca juga: Jalan-jalan ke 5 Obyek Wisata Menarik di Maumere

Dari kejauhan terlihat dua teluk kecil yang dipadu dengan pulau kecil hingga membentuk tanjung. Suasana pantai begitu nyaman dan bersih. Sangat cocok bagi anda yang ingin berwisata bersama sahabat, pacar dan keluarga.

Di tengah laut terlihat sebuah pulau karang kecil. Menurut warga setempat, itulah yang bernama Pulau Koka.

Pantai Koka di Kabupaten Sikka, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur, Selasa (8/1/2019).KOMPAS.com/NANSIANUS TARIS Pantai Koka di Kabupaten Sikka, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur, Selasa (8/1/2019).
Konon katanya di sana bersemayam ular-ular laut yang berbisa, ular laut loreng yang sejatinya memiliki bisa yang mematikan, namun, ‘pamali’ bagi warga setempat untuk membunuh.

Di balik  mitos yang berkembang di Pantai Koka, suatu hal yang pasti pantai ini sungguh luar biasa keindahannya. Pantai ini menawarkan pesona alam yang benar-benar berbeda.

Baca juga: Mengunjungi Desa Adat Pertama Kerajaan Manggarai di Flores

Di sekeliling pantai ada bukit-bukit hijau yang begitu indah. Anda dapat melihat keindahan pantai Koka dari atas bukit yang melengkung seperti angka tiga.

2. Desa Doka

Desa Doka adalah sebuah desa di Kecamatan Bola yang dikenal memiliki tenun kain yang sangat indah. Masyarakat desa Koka sejak dahulu memiliki keahlian menenun kain tradisional dengan beragam corak warna. Lebih mengagumkan lagi bahan pembuatnya diambil dari alam sekitar.

Baca juga: 6 Oleh-oleh yang Bisa Dibeli saat Liburan ke Flores NTT

Desa Koka menjadi salah satu contoh pembinaan desa Wisata di Flores. Awalnya atas bantuan penggagas pariwisata yaitu Kornelis Djawa (alm) tahun 1997, Desa Koka mulai menggeliat.

Desa Doka di Kabupaten Sikka, Flores, Nusa Tenggara Timur.KOMPAS.com/NANSIANUS TARIS Desa Doka di Kabupaten Sikka, Flores, Nusa Tenggara Timur.
Kemudian sejak tahun 2010, Cletus Lopez putra dari Cornelis Djawa, terus menampilkan atraksi desa dan kearifan lokal dari sebuah kampung di balik gunung ini.

Atas jasa keduanya, banyak wisatawan lokal maupun asing yang datang ke tempat ini untuk menyaksikan kecantikan kain tenun.

Saat tamu datang ke Desa ini warga akan memainkan tarian penyambutan, tarian tradisi, proses pertunjukan pembuatan kain ikat hingga hidangan makanan dan minuman tradisional.

Keramahtamahan warga desa Koka merupakan daya tarik tersendiri yang tidak bisa dilewatkan saat anda berkunjung ke sana. Desa Koka sendiri terletak di tepi utara Kota Maumere yang terpisah hanya 20 km saja dari tepi selatannya.

3. Pantai Kajuwulu

Kajuwulu adalah pantai yang dikelilingi bukit-bukit tandus. Di salah satu bukitnya berdiri sebuah salib besar. Untuk sampai pada salib itu Pemda setempat membuat tangga. Untuk menyehatkan jantung, tidak ada salahnya manapaki tangga-tangga itu.

Bukit Kajuwulu di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur, menawarkan keelokan panorama pantai dari ketinggian. Kebanyakan daerah belum banyak tergarap secara optimal untuk menampung para wisatawan. KOMPAS/DIDIT PUTRA ERLANGGA RAHARDJO Bukit Kajuwulu di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur, menawarkan keelokan panorama pantai dari ketinggian. Kebanyakan daerah belum banyak tergarap secara optimal untuk menampung para wisatawan.
Namun,  pengorbanan kita akan terbayar lunas begitu ada di puncak bukit bersalib itu. Dari atas bukit, kita dapat menyaksikan keindahan Pantai Kajuwulu yang masih asli, belum disentuh tangan manusia.

Berbekal hamparan pasir putih serta airnya yang jernih, Kajuwulu sangat memanjakan pelancong yang datang.




Close Ads X