Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Cara Mengepak Barang Bawaan agar Tidak Perlu Bagasi Berbayar

Kompas.com - Diperbarui 26/12/2021, 22:18 WIB
Silvita Agmasari,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Cara packing barang saat bepergian adalah salah satu hal paling penting saat bepergian, namun sering kali luput terperhatikan.

Istilah travel light atau bepergian dengan barang bawaan lebih sedikit tampaknya semakin diperlukan saat ini.  Apalagi, beberapa maskapai menghapus kebijakan bagasi gratis sehingga penumpang perlu mengakali dengan membawa lebih sedikit barang.

Salah satu kuncinya ada pada pemilihan barang dan cara packing barang bawaan ke dalam koper atau tas dengan ketentuan ukuran dimensi 40 cm x 30 cm x 20 cm dan dengan beban tidak melebihi 7 kilogram.

Cara packing barang agar tidak perlu bagasi tambahan

Baca juga: Ini Maskapai Pelopor Biaya Bagasi Tambahan

Berikut adalah cara packing barang bawaan agar tidak perlu membeli bagasi tambahan:

Memilih bahan pakaian tipis adalah salah satu cara packing barang bawaan yang tepat agar tak memerlukan bagasi tambahan.UNSPLASH/SARAH BROWN Memilih bahan pakaian tipis adalah salah satu cara packing barang bawaan yang tepat agar tak memerlukan bagasi tambahan.

Sebisa mungkin pilihlah bahan pakaian yang tipis dan ringan, sehingga tidak memakan banyak tempat ketika dikemas. Hindari membawa pakaian atau celana dengan bahan jeans atau bahan tebal terlalu banyak.

Jika bepergian ke destinasi yang sejuk, kita bisa mengakalinya dengan membawa satu buah pakaian hangat berkualitas baik dan sisanya pakaian berbahan tipis.

Baca juga: 5 Tips Pilih Pakaian yang Cocok untuk Naik Pesawat

  • Pakaian yang berat sebaiknya digunakan, bukan dibawa

Pakailah bahan pakaian yang berat seperti jeans, sepatu boots, dan jaket ketika naik pesawat. Sementara pakaian dengan bahan yang lebih tipis dan ringan dapat ditaruh di dalam tas.

  • Pilih warna pakaian

Padu padan warna pakaian dapat mengurangi bobot tas. Sebelum mengemas pakaian, cobalah rencanakan pakaian yang akan digunakan dan dipadupadankan sehingga kita tidak akan membawa pakaian yang tidak perlu.

Jika bingung cara padu padan pakaian, bermainlah dengan warna aman, seperti monokrom atau warna-warna bumi.

  • Bawa deterjen bubuk

Jika bepergian dalam waktu lama, pertimbangkan mencuci pakaian sendiri. Bawalah deterjen bubuk dalam kemasan kecil. Jika punya dana lebih, kita bisa menggunakan jasa binatu yang dihitung per kilogram.

Baca juga: Cara Cuci Baju di Hotel, Tanpa Ribet dan Hasilnya Bersih

  • Bawa kosmetik dan perlengkapan mandi ukuran kecil

Membawa skincare dan perlengkapan mandi dengan ukuran kemasan kecil bisa menghemat ruang di tas saat bepergian.
SHUTTERSTOCK Membawa skincare dan perlengkapan mandi dengan ukuran kemasan kecil bisa menghemat ruang di tas saat bepergian.

Saat ini, ada banyak kemasan skincare atau perlengkapan mandi yang dibuat khusus untuk bepergian, dengan ukuran yang lebih kecil dan praktis.

Membawa kemasan khusus traveling ini sangat membantu mengurangi barang bawaan dan dapat diisi ulang.

  • Gulung pakaian

Menggulung pakaian dengan rapi adalah salah satu cara packing barang bawaan agar tak memerlukan bagasi tambahan.PEXELS/VLADA KARPOVICH Menggulung pakaian dengan rapi adalah salah satu cara packing barang bawaan agar tak memerlukan bagasi tambahan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com