Ini Faktor Penentu Generasi Milenial dalam Memilih Hotel

Kompas.com - 10/01/2019, 16:14 WIB
Ilustrasi hotelEugeneonline Ilustrasi hotel

 
JAKARTA, KOMPAS.com - Tentunya ada banyak faktor yang memicu seseorang untuk memilih akomodasi saat berlibur. Namun ketika dikerucutkan menjadi wisatawan generasi milenial, ternyata ada faktor besar yang paling berpengaruh, yakni teknologi.

Perusahaan pembuat perabotan dari Inggris Knightsbridge dan agensi Viga melakukan survei terhadap 1.000 orang dari seluruh dunia, dengan rentang usia 18-34 tahun dalam dua tahun belakangan.

Lewat survei tersebut ditemukan jika 80 persen wisatawan generasi milenial ini mencari akomodasi lewat Google. Setengah dari yang disurvei mengatakan tidak jadi memesan hotel jika situs hotel tersebut sulit diakses.

Baca juga: Mengintip Cara Milenial Menentukan Aktivitas Wisata

Kemudian 73 persen wisatawan generasi milenial biasanya akan mengecek media sosial hotel sebelum melakukan pemesanan. Bahkan 33 persen di antaranya mengatakan tidak jadi memesan kalau hotel tidak memiliki media sosial.

Media sosial ternyata juga cukup berpengaruh kepada keputusan wisatawan generasi milenial saat memesan hotel. Satu dari empat orang mengatakan dari media sosial mereka terdorong untuk memesan hotel. Ada 83 persen yang cenderung memesan hotel tersebut ketika melihat seseorang yang diikuti di media sosial menginap di hotel tersebut.

Baca juga: Festival Apa yang Menarik untuk Mengundang Wisatawan Milenial?

Faktor teknologi lainnya yang juga berpengaruh adalah fasilitas di hotel. Contohnya WiFi yang mumpuni, smart TV, tempat mengisi daya baterai handphone yang banyak, mainan konsol, dan saluran TV yang menarik.

Terakhir, ketika menginap, 76 persen tamu generasi milenial ini akan mengunggah foto mereka di hotel ke media sosial. Mulai dari desain interior sampai lingkungan hotel yang dianggap instagramable juga menarik bagi wisatawan generasi milenial.




Close Ads X