5 Tempat Wajib Dikunjungi saat Berlibur ke Bangkok

Kompas.com - 11/01/2019, 10:05 WIB
Grand Palace Temple, salah satu kuil megah di Thailand.Shutterstock Grand Palace Temple, salah satu kuil megah di Thailand.

KOMPAS.com – Thailand bisa menjadi destinasi tujuan untuk liburan ke luar negeri. Negeri Gajah Putih ini memang merupakan salah satu tempat melancong favorit wisatawan dari seluruh dunia.

Di antara sekian banyak tempat di Thailand, Bangkok menjadi salah satu pilihan pas untuk dikunjungi, terutama jika waktu berlibur tidak lama. Ibu kota Thailand itu memiliki pesona tersendiri yang wajib untuk disambangi.

Berikut ini adalah lima tempat yang harus dikunjungi saat berlibur ke Bangkok:

1. Kuil

Sebagai negara dengan 95 persen penduduk beragama Buddha, ada banyak kuil yang berdiri di Thailand, termasuk di Kota Bangkok. Kuil di Thailand juga dikenal sebagai “wats”.

Pengunjung dari luar negeri bisa melihat secara langsung bagaimana penduduk setempat beribadah di sana. Kuil di Bangkok biasanya berkilauan dan berada jauh dari lalu-lintas turis.

Beberapa kuil pun berada dalam kompleks yang besar dengan aula besar, sekolah, dan patung. Tiga kuil besar di Bangkok antara lain adalah Grand Palace, Wat po, dan Wat Arun.

Ketiga kuil tersebut berada dekat dengan jalur wisata. Jika baru pertama ke Bangkok, kuil itu menjadi tempat yang harus dikunjungi. Selain bangunannya megah dan mengesankan, keberadaannya juga sarat akan sejarah.

2. Pasar Akhir Pekan Jatutak

Pasar Akhir Pekan yang juga disebut sebagai Chatuchak ini merupakan salah satu yang terbesar di Asia. Sering disingkat sebagai JJ, pasar ini berada di lahan seluas 35 hektar.

Di dalamnya pun terdapat ribuan pedagang dan setiap akhir pekannya pasar ini bisa menarik kunjungan mencapai 200.000 orang. Barang yang dijual di sini pun begitu lengkap.

Biasanya pengunjung mencari kerajinan tangah khas Thailand, karya seni, pakaian, barang-barang rumah tangga, hingga hewan peliharaan.

Jika datang ke pasar ini, wisatawan harus siap untuk berada di tengah kondisi yang panas dan penuh sesak. Selain itu jaringan kios seakan berbentuk labirin yang membuat pengunjung mudah tersesat.

Namun ternyata kondisi itu yang membuat pengunjung menyukainya. Kondisi ramai ini bisa dihindari dengan berkunjung sebelum jam 9 pagi atau sore hari setelah jam 4.

3. Kota Kuno (Muang Boran)

Salah Satu Bagian Ancient City, Muang Boran, ThailandShutterstock Salah Satu Bagian Ancient City, Muang Boran, Thailand
Situs sejarah yang paling penting di Thailand ini memiliki waktu tempuh sekitar 45 menit dari Bangkok. Destinasi wisata di Samut Prakan ini memang memiliki banyak replika ikon Negeri Gajah Putih.

Replika tersebut antara lain mulai Grand Palace di Bangkok hingga Kuil Preah Vihear yang berada di perbatasan dengan Negara Kamboja. Bisa dibilang destinasi ini adalah Taman Mini-nya Thailand.

Untuk menjelajah kawasan Kota Kuno, tidak direkomendasikan untuk berjalan kaki. Hal itu karena kawasan wisata ini cukup luas. Lebih baik jika wisatawan menyewa kereta golf atau sepeda untuk berkeliling.

4. Rumah Jim Thompson

Legenda Jim Thompson saat ini dijelaskan dalam setiap buku panduan wisata di Thailand. Sementara produk merek ini ada di 13 toko di seluruh Bangkok dengan dua outlet pabrik.

Jika ingin mendapatkan pengalaman yang sebenarnya, Rumah Jim Thompson yang bersejarah harus dikunjungi. Di sini, pengunjung bisa mempelajari nama merek tersebut yang misterius.

Nama itu merupakan nama seorang pria Amerika uang mendapat pengakuan dunia karena telah membangun kembali industri sutra di Thailand. Ia menghilang di hutan Malaysia pada tahun 1967.

5. Museum of Floral Culture

Pencinta bunga dan alam yang sekaligus tertarik dengan budaya bunga Thailand wajib untuk berkunjung ke museum ini. Di sini ditampilkan pameran budaya bunga yang pentung dari peradaban Asia seperti India, China, Jepang, Laos, dan Bali (Indonesia).

Museum ini berada di sebuah rumah jati berusia 100 tahun yang begitu indah dan terawat dengan arsitektur kolonialnya. Lahan suburnya telah disulap menjadi taman bergaya kombinasi Thailand dan Zen yang indah.



Close Ads X