Berburu Spot Instagramable di Menara Museum Maritim Tanjung Priok

Kompas.com - 11/01/2019, 13:05 WIB
Pengunjung berfoto di salah satu sisi Museum Maritim, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (8/1/2019).Kompas.com/SHERLY PUSPITA Pengunjung berfoto di salah satu sisi Museum Maritim, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (8/1/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat berlibur ke museum, melihat benda-benda sejarah sambil mempelajari cerita-cerita di baliknya tentunya dapat membuat pengalaman liburan Anda menjadi lebih bermakna.

Namun taukah Anda, beberapa museum tak hanya mampu menampilkan benda-benda bersejarah. Museum juga dapat digunakan sebagai lokasi berfoto yang instagramable. Salah satunya adalah Museum Maritim yang terletak di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Museum yang akan dibuka untuk umum pada Juli 2019 ini memiliki bangunan menara yang apik digunakan sebagai latar berfoto.

Meski tahap pembangunannya belum rampung, rupa museum yang merupakan bekas Kantor Pengelola Pelabuhan yang dibangun pada awal abad 20 ini sudah nampak rapi.

Pengunjung berfoto di salah satu sisi Museum Maritim, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (8/1/2019).KOMPAS.com/SHERLY PUSPITA Pengunjung berfoto di salah satu sisi Museum Maritim, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (8/1/2019).
Akses masuk menuju menara ini berada di lantai dua bangunan museum. Ada sebuah tangga yang akan menghubungkan lantai dua dengan lantai tiga bangunan.

Ketika memasuki lantai tiga, Anda akan merasakan suasana yang berbeda. Jika lantai dua telah melalui tahap renovasi, maka hampir 90 persen bangunan di lantai dua masih dibiarkan apa adanya.

"Bangunan menara ini belum berubah, hanya jendelanya saja yang sudah diubah sehingga ada kaca penutupnya demi kemananan bagunan," ujar petugas museum.

Di lantai tiga terdapat sejumlah lubang bulat sebagai fentilasi ruangan yang mengarah ke laut dan bangunan-bangunan di belakang gedung. Lokasi ini cocok untuk Anda gunakan sebagai salah satu spot berfoto.

Di ruangan yang berukuran tak terlalu luas itu terdapat tangga yang terbuat dari besi yang akan menghubungkan Anda ke lantai empat bangunan.

Lantai empat ini ukurannya lebih sempit. Namun yang menarik, tepat di tengah ruangan itu terdapat tangga melingkar yang terbuat dari besi. Di sekitar tangga terdapat jendela kayu yan bentuknya sangat simetris sehingga lokasi ini sangat menarik untuk dijadikan spot berfoto.

Lanjut ke ruangan terakhir, Anda akan melihat pemandangan pelabuhan dengan segala aktivitasnya melalui sejumlah celah yang terdapat di sekeliling bangunan.

Pengunjung berfoto di salah satu sisi Museum Maritim, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (8/1/2019).Kompas.com/SHERLY PUSPITA Pengunjung berfoto di salah satu sisi Museum Maritim, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (8/1/2019).

Meski menarik untuk dijadikan spot berfoto, sejauh ini pengelola museum masih mengkaji apakah pengunjung nantinya dapat secara bebas masuk ke dalam bangunan menara.

"Nanti kami akan pertimbangkan bagaimana mekanismenya, tapi yang jelas menara kurang aman kalau untuk anak kecil. Lalu kami berencana kalau ada pengunjung yang akan naik akan didampingi petugas," kata Kepala Museum Maritim Tinia Budiati.

Sebagi informasi, meski proses pembangunannya belum tuntas, Anda sudah dapat menyambangi museum ini setiap hari Selasa hingga Jumat pada pukul 09.00-16.00 WIB, kemudian hari Sabtu hingga Senin pada pukul 09.00-17.00 WIB. Setiap hari Senin dan hari libur nasional museum ini tutup.

"Dan yang menarik, sebelum grand launching, pengunjung tidak dikenakan tarif saat berkunjung ke sini alias gratis," kata Tinia.




Close Ads X