Jogja Juga Punya Air Terjun Tepi Laut!

Kompas.com - 11/01/2019, 18:14 WIB
Air terjun tepi laut di Pantai Jogan, Gunungkidul.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Air terjun tepi laut di Pantai Jogan, Gunungkidul.

GUNUNGKIDUL, KOMPAS.com – Air terjun yang berada di tepi laut memang sebuah keunikan tersendiri. Keberadaannya yang langka membuatnya memiliki pesona berbeda dari air terjun lainnya.

Tentu air terjun tepi laut menawarkan sensasi berbeda karena biasanya letaknya berada di pergunungan yang dekat dengan sumber air. Keunikan itulah yang membuat banyak orang tertarik mengunjunginya.

Baca juga: Kembang Soka, Pemandian Cantik Antara Dua Air Terjun di Kulon Progo

Air terjun tepi laut seperti itu ternyata juga ada di Yogyakarta. Jika ingin menyaksikan fenomena alam seperti itu, maka Pantai Jogan adalah tempatnya.

Pantai Jogan berada di antara deretan pantai selatan yang ada di Kabupaten Gunungkidul. Jarak dari Kota Yogyakarta adalah sekitar 75 kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih dua jam perjalanan.

Rute paling mudah dan cepat adalah melalui Wonosari kemudian menuju arah selatan di Jalan Pantai Selatan Jawa. Nantinya ikuti plang penunjuk jalan menuju Pantai Siung karena Pantai Jogan juga satu arah.

Selanjutnya akan ada percabangan jalan di mana ada papan petunjuk arah menuju Pantai Jogan.

Air Terjun Tepi Laut di Pantai Jogan

Usai memarkirkan kendaraan, lokasi air terjun Pantai Jogan tidaklah jauh. Hanya butuh berjalan beberapa saat, air terjun sudah bisa dilihat oleh kedua mata. Suara ombak laut pun berpadu dengan alunan rintik air terjun yang mendamaikan hati.

Untuk bisa mencapai lokasi air terjun, pengunjung harus menuruni anak tangga kayu. Kawasan pasir putih di pantai ini sendiri tidaklah luas. Di atas pasir itulah pertemuan antara air tawar dengan air laut.

Jika ingin leluasa menikmati air terjun, maka barang bawaan bisa dititipkan di warung makan sekitar. Namun hendaknya tidak lupa untuk membeli makan dan minuman di warung tempat menitipkan barang untuk menambah rezeki mereka.

Air terjun tepi laut di Pantai Jogan, GunungkidulKompas.com/Anggara Wikan Prasetya Air terjun tepi laut di Pantai Jogan, Gunungkidul

Ketika air tidak surut, ombak laut selatan bisa mencapai air terjun. Pertemuan langsung air tawar dan air laut tentu menjadi pemandangan yang unik. Pengunjung pun bisa merasakan sensasi mandi dengan dua air yang berbeda di sana.

Letak Pantai Jogan juga berdekatan dengan pantai-pantai lainnya seperti Pantai Siung dan Pantai Nglambor. Jika kurang puas di Pantai Jogan, pengunjung bisa berkunjung ke pantai lainnya untuk melakukan aktivitas lain seperti snorkeling.

Baca juga: Menjelajah Banyu Tibo, Pantai dengan Air Terjun Tepi Laut di Pacitan

Sebagai informasi, pantai dengan lanskap seperti Jogan yang paling dekat adalah di Kabupaten Pacitan, yakni Pantai Banyu Tibo. Di sana pengunjung juga bisa menjumpai air terjun di tepi pantai.



Close Ads X