Jogja Juga Punya Air Terjun Tepi Laut!

Kompas.com - 11/01/2019, 18:14 WIB
Air terjun tepi laut di Pantai Jogan, Gunungkidul. Kompas.com/Anggara Wikan PrasetyaAir terjun tepi laut di Pantai Jogan, Gunungkidul.

GUNUNGKIDUL, KOMPAS.com – Air terjun yang berada di tepi laut memang sebuah keunikan tersendiri. Keberadaannya yang langka membuatnya memiliki pesona berbeda dari air terjun lainnya.

Tentu air terjun tepi laut menawarkan sensasi berbeda karena biasanya letaknya berada di pergunungan yang dekat dengan sumber air. Keunikan itulah yang membuat banyak orang tertarik mengunjunginya.

Baca juga: Kembang Soka, Pemandian Cantik Antara Dua Air Terjun di Kulon Progo

Air terjun tepi laut seperti itu ternyata juga ada di Yogyakarta. Jika ingin menyaksikan fenomena alam seperti itu, maka Pantai Jogan adalah tempatnya.

Pantai Jogan berada di antara deretan pantai selatan yang ada di Kabupaten Gunungkidul. Jarak dari Kota Yogyakarta adalah sekitar 75 kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih dua jam perjalanan.

Rute paling mudah dan cepat adalah melalui Wonosari kemudian menuju arah selatan di Jalan Pantai Selatan Jawa. Nantinya ikuti plang penunjuk jalan menuju Pantai Siung karena Pantai Jogan juga satu arah.

Selanjutnya akan ada percabangan jalan di mana ada papan petunjuk arah menuju Pantai Jogan.

Air Terjun Tepi Laut di Pantai Jogan

Usai memarkirkan kendaraan, lokasi air terjun Pantai Jogan tidaklah jauh. Hanya butuh berjalan beberapa saat, air terjun sudah bisa dilihat oleh kedua mata. Suara ombak laut pun berpadu dengan alunan rintik air terjun yang mendamaikan hati.

Untuk bisa mencapai lokasi air terjun, pengunjung harus menuruni anak tangga kayu. Kawasan pasir putih di pantai ini sendiri tidaklah luas. Di atas pasir itulah pertemuan antara air tawar dengan air laut.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X