Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mampir di Gresik? Jangan Lupa Cicipi Kelan Sembilang

Kompas.com - 11/01/2019, 19:03 WIB
Hamzah Arfah,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

GRESIK, KOMPAS.com – Mungkin banyak yang sudah mengenal ikan sembilang, salah satu jenis ikan laut yang memiliki bentuk menyerupai ikan lele atau sidat. Ikan sembilang juga memiliki patil yang menyengat dan berkulit hitam serta licin.

Namun jangan keburu berprasangka buruk dulu, lantaran bila diolah dengan tepat plus digabung rempah-rempah pilihan, ikan sembilang bisa menjadi masakan yang cukup ampuh dalam menaklukkan lidah.

Tidak percaya? Bisa dibuktikan sendiri bila anda sedang berkunjung ke Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

Baca juga: Pelesir di Pulau Lengkuas, Makan Siput Gonggong hingga Mandi Ikan

Khususnya di wilayah pesisir Gresik bagian utara, di sepanjang jalur daendels akan banyak ditemui warung makan dan juga restoran yang menyajikan masakan utama berupa olahan ikan sembilang.

Satu porsi kepala sembilang yang ditawarkan di warung milik Pak Kasan di Gresik, Jawa Timur, Rabu (9/1/2019).KOMPAS.com/HAMZAH Satu porsi kepala sembilang yang ditawarkan di warung milik Pak Kasan di Gresik, Jawa Timur, Rabu (9/1/2019).
Warga Gresik biasa menyebut olahan tersebut dengan sebutan kelo kuning atau kelan sembilang.

Sepintas memang terlihat tidak jauh berbeda dengan asam-asam atau gulai. Namun dari nama, masakan ini jelas mengutamakan ikan sembilang sebagai bahan atau lauknya.

Baca juga: Pudak Mini, Variasi Baru Kuliner dari Gresik

Salah satu warung kelan sembilang yang terkenal di Gresik dan biasa menjadi rujukan adalah, milik Kasan.

Di warung sembilang Pak Kasan, yang berada di wilayah Mengare, Kecamatan Manyar, atau sekitar 10 kilometer arah pusat kota Gresik, memang hanya menyediakan kelan sembilang sebagai menu yang ditawarkan kepada pengunjung.

Baca juga: Makanan Sehat Diprediksi Jadi Tren Kuliner Tahun 2019

“Memang hanya kelan sembilang saja yang dijual di sini, tidak ada menu makanan lain,” ujar Kasan, Rabu (9/1/2019).

Satu porsi kelan sembilang yang ditawarkan di warung milik Pak Kasan di Gresik, Jawa Timur, Rabu (9/1/2019).KOMPAS.com/HAMZAH Satu porsi kelan sembilang yang ditawarkan di warung milik Pak Kasan di Gresik, Jawa Timur, Rabu (9/1/2019).
Walau hanya menyediakan kelan sembilang sebagai menu, namun setiap hari terkecuali Jumat (tutup), warung sembilang Pak Kasan selalu ramai dikunjungi orang. Bahkan, tak jarang dari mereka harus balik pulang dengan tangan hampa lantaran kehabisan.

“Justru itu yang membuat masakan di sini khas dan berbeda. Selain karena hanya menawarkan kelan sembilang sebagai menu, rasa masakan terasa sedikit berbeda ketimbang warung lain yang menjual masakan dengan konsep serupa di Gresik,” tutur salah seorang pengunjung, Azharil Farih.

Selain rasa khas kelan sembilang, nuansa alam yang ditawarkan di warung sembilang Pak Kasan juga semakin membuat pengunjung merasa betah. Mereka juga mengaku, ingin kembali mencicipi kelan sembilang di warung tersebut.

Kelan sembilang, kuliner khas Gresik ini semakin terasa khas karena disajikan dengan menggunakan tampah.KOMPAS.com/HAMZAH Kelan sembilang, kuliner khas Gresik ini semakin terasa khas karena disajikan dengan menggunakan tampah.
“Rasanya yang khas, asam-asam bercampur pedas, dipadu dengan kenyalnya daging ikan sembilang sudah pasti maknyus di lidah. Apalagi kalau dapat kepala sembilang, mantap pokoknya, wajib dicoba. Suasana warungnya juga enak, dekat tambak dan itu membuat pengunjung bisa rileks,” kata pengunjung yang lain, Khanif Rosidin.

Warung sembilang Pak Kasan sendiri memang tidak berada di pinggir jalan raya yang ada di jalur daendels. Namun masuk sekitar 3 kilometer dari gapura Desa Karangrejo, Kecamatan Manyar, Gresik.

Meski demikian, bagi anda yang baru pertama dan ingin mencoba berkunjung, jangan khawatir. Sebab warga yang ada di sekitar Manyar dan juga Bungah, sudah banyak yang mengetahui keberadaan warung tersebut bila anda bertanya.

Untuk bisa menikmati kelan sembilang di warung Pak Kasan, pengunjung hanya dipatok seharga Rp 20.000 untuk satu porsi

Salah seorang pengunjung saat menikmati kelan sembilang di warung milik Pak Kasan di Gresik, Jawa Timur, Rabu (9/1/2019).KOMPAS.com/HAMZAH Salah seorang pengunjung saat menikmati kelan sembilang di warung milik Pak Kasan di Gresik, Jawa Timur, Rabu (9/1/2019).
Sementara harga yang berbeda diberlakukan untuk kepala sembilang, dengan satu porsinya dihargai antara Rp 25.000 hingga Rp 45.000 tergantung besar dan kecilnya ukuran kepala ikan.

Menurut pengakuan pemilik warung, berbagai kalangan sudah sempat mampir dan mencicipi kelan sembilang di warungnya. Mulai dari pejabat daerah, pegawai negeri sipil, orang biasa, bahkan beberapa turis mancanegara yang sedang berkunjung dan singgah di Gresik. Bagaimana berminat untuk mencoba?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com