Mengenal 6 Candi Tertinggi di Indonesia

Kompas.com - 12/01/2019, 11:34 WIB
Kompleks Candi Arjuna, Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah ShutterstockKompleks Candi Arjuna, Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah

KOMPAS.com – Salah satu peninggalan peradaban masa lalu di Indonesia adalah candi. Khususnya di Yogyakarta dan Jawa Tengah saat ini ada banyak candi-candi yang ditemukan.

Beberapa di antaranya bahkan menjadi ujung tombak pariwisata Indonesia seperti Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko. Candi-candi di Jawa Tengah dan Yogyakarta kebanyakan adalah peninggalan kerajaan Mataram Kuno.

Jika dataran tinggi merupakan salah satu tujuan wisata, maka ada beberapa candi yang juga dibangun di ketinggian. Berikut ini adalah 6 dari sekian banyak candi tertinggi yang ada di Indonesia:

1. Kompleks Candi Dieng

Kompleks Candi Arjuna, Dataran Tinggi Dieng, Jawa TengahShutterstock Kompleks Candi Arjuna, Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah
Berwisata ke candi menjadi salah satu alternatif ketika berkunjung ke Dataran Tinggi Dieng yang terkenal. Di sini terdapat kompleks candi yang menempati dataran pada ketinggian sekitar 2.000 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Kompleks candi tersebut meliputi Candi Arjuna, Candi Bima, dan Candi Gatotkaca yang diperkirakan dibangun pada akhir abad ke-8 sampai awal abad ke-9 silam.

Ada pula candi-candi lain seperti Candi Srikandi, Candi Sembadra, dan Candi Semar. Penamaan candi-candi itu berdasarkan tokoh-tokoh pewayangan dalam kisah Mahabarata.

2. Candi Kethek

Candi Kethek, Karanganyar, Jawa Tengah yang sunyi dan tenang.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Candi Kethek, Karanganyar, Jawa Tengah yang sunyi dan tenang.
Candi yang diperkirakan dibangun sekitar abad 15-16 masehi ini berada di lereng barat Gunung Lawu. Candi Kethek ini juga merupakan salah satu candi tertinggi di Indonesia karena berada pada ketinggian kurang-lebih 1.500 mdpl.

Baca juga: Merengkuh Sunyi dan Tenang di Candi Kethek Karanganyar

Candi yang berada di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah ini pun letaknya cukup tersembunyi. Akses sampai ke lokasi candi hanya bisa dilakukan dengan berjalan sejauh sekitar 300 meter dari area parkir.

Bentuk candi Kethek juga unik, yakni semacam punden berundak dan tanpa stupa seperti candi di Jawa Tengah Lainnya.

3. Candi Cetho

Candi Cetho, Karanganyar, Jawa TengahKompas.com/Anggara Wikan Prasetya Candi Cetho, Karanganyar, Jawa Tengah
Terletak sekitar 300 meter dari Candi Kethek, Candi Cetho kini menjadi salah satu destinasi wisata andalan Kabupaten Karanganyar. Candi ini selalu ramai dikunjungi wisatawan ketika hari libur.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X