Ketahui Dua Mazhab Proses Memanggang Bebek Peking

Kompas.com - 12/01/2019, 19:02 WIB
Four Seasons, restoran Chinese food yang tersohor dengan kelezatan bebek pekingnya di London, Inggris. Walau restorannya kerap penuh dan tempatnya sempit, namun para turis, terutama yang berasal dari Asia, selalu menyempatkan diri datang ke sini untuk membuktikan cerita mengenai kelezatan bebek pekingnya.KOMPAS.com/Caroline Damanik Four Seasons, restoran Chinese food yang tersohor dengan kelezatan bebek pekingnya di London, Inggris. Walau restorannya kerap penuh dan tempatnya sempit, namun para turis, terutama yang berasal dari Asia, selalu menyempatkan diri datang ke sini untuk membuktikan cerita mengenai kelezatan bebek pekingnya.

KOMPAS.com -  Bebek peking seakan menjadi menu wajib ketika Anda melancong ke Beijing, ibu kota China. Bukan hanya khas Beijing, bebek peking punya status istimewa dalam warisan sejarah boga negeri tersebut.

Melalui sejarah yang panjang bahkan sejak abad ke-10, bebek peking senantiasa lekat dengan lidah aristokrat. Dapur istana kerajaan pantang melewatkan menu satu ini, kendati tampuk kekuasaan berpindah dari dinasti ke dinasti.

Seakan sudah menjadi pakem, bebek peking selalu identik dengan irisan daging bebek yang lembut, kulit yang renyah, dan saus manis sebagai pelengkap yang siap menggoyang lidah tamu.

Namun, tahukah Anda, bahwa versi tersebut bukanlah versi orisinal bebek peking?

Baca juga: Mengenal Bebek Peking Ya Yuan, Kulit Renyah, Dagingnya Lembut

Dikutip dari CGTN, resep asli bebek peking masih dipraktikkan di Restoran Bian Yi Fang, Beijing. Restoran legendaris ini telah menjadi saksi perjalanan bebek peking merayap sampai takhta tertinggi kuliner China.

Bian Yi Fang telah melayani tamu sejak 1416. Hingga sekarang, restoran ini setia dengan resep dan cara pengolahan kala pertama kali dibuka. 

Bebek yang telah dimarinasi dipanggang dalam oven tertutup, sehingga tubuh bebek tak langsung bersinggungan dengan api. Proses ini juga membuat kulit renyah bebek tidak terlepas dari daging, karena melekat dengan lapisan lemak yang juicy dan tidak melumer ketika dipanggang.

Kekurangannya, cara ini hanya sanggup menampung 5-7 bebek dalam sekali panggang. Bian Yi Fang juga dikenal membubuhi aroma tumbuhan pada bebek, baik daun, buah, atau bunga.

Baca juga: Di Balik Lezatnya Bebek Peking, Ada Proses Masak yang Rumit

Semua pengolahan ini membedakannya dengan restoran Quanjude yang tak kalah legendaris soal suguhan bebek peking.

Restoran Quanjude berusia 4 abad lebih muda, berdiri sejak 1864 ketika Beijing menjadi ibu kota Dinasti Qing, sekaligus sebagai restoran bebek peking tertua kedua seantero China setelah Bian Yi Fang.

Quanjude menawarkan metode berbeda dalam mengolah bebek peking. Bebek dipanggang dalam oven terbuka secara digantung, seperti yang lazim ditemui di restoran-restoran modern.

Halaman:


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Close Ads X