3 Tempat Ngemil Serabi di Yogyakarta - Kompas.com

3 Tempat Ngemil Serabi di Yogyakarta

Kompas.com - 13/01/2019, 13:09 WIB
Surabi Bu Ngadinem di Yogyakarta.TRIBUN JOGJA / SITI ARIYANTI Surabi Bu Ngadinem di Yogyakarta.

KOMPAS.com - Daerah Istimewa Yogyakarta menyimpan banyak kuliner tradisional yang sangat sayang untuk dilewatkan. Selain gudeg, bakpia, geplak ataupun sederat makanan yang sudah terkenal lainnya, Anda juga patut untuk mencoba serabi.

Serabi adalah jajanan pasar yang terbuat dari tepung beras, kemudian adonannya dimasak di atas arang. Tempat untuk memasaknya pun menggunakan cobek yang terbuat dari tanah liat.

Di Daerah Istimewa Yogyakarta yang kini semakin modern dengan beragam jenis kulinernya, menemukan warung serabi cukup susah-susah gampang.

Bagi Anda yang saat ini sedang ingin menyantap jajanan tradisional tersebut, berikut adalah rekomendasi 3 warung serabi yang bisa pilihan tempat ngemil di Yogyakarta.

1. Serabi kocor Bu Ngadinem

Serabi kocor Bu Ngadinem sudah terkenal di kalangan masyarakat setempat. Lokasi warungnya berada di Jalan Bantul, Nyemengan, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul.

Dari jembatan Sungai Winongo di Jalan Bantul masih ke selatan sedikit sekitar lima menit. Lokasi warungnya berada di barat jalan.

Bu Ngadinem akan memasak serabi menggunakan 4 cobek. Meskipun terkadang harus mengantri, tetapi waktu tunggunya tidak lama karena proses memasak yang singkat.

Serabi yang sudah dimasak kemudian akan dihidangkan dengan kuah santan bercampur gula jawa. Tambahan nangka pada kuahnya membuat serabi Bu Ngadinem semakin sedap saat disantap.

Ada sensasi rasa asin, manis, juga aroma asap bekas pemanggangan menggunakan arang. Harga serabi di warung Bu Ngadinem Rp 2.500.

Kepada TribunJogja.com Bu Ngadinem bercerita, dirinya sudah berjualan serabi sejak tahun 1998. Ia memilih berjualan serabi karena kue tradisional ini banyak dicari.

2. Serabi Kocor Mbah Padmo

Tak perlu jauh-jauh ke Bantul bagi Anda yang berada di Kota Yogyakarta, jika ingin menyantap serabi kocor. Di Jalan Bumijo Nomor 2, Anda bisa menemukan warung serabi yang sudah terkenal, yakni serabi kocor Mbah Padmo.

Selain serabi yang rasanya original, pembeli juga bisa memesan varian rasa lain seperti cokelat dan susu keju. Saat ini, warung serabi kocor Mbah Padmo ini sudah diteruskan cucunya.

3. Serabi Notokusuman

Serabi Notokusuman tak hanya berada di Solo. Di Yogyakarta, kuliner ini juga diminati oleh banyak pencinta kuliner.

Warung serabi Notokusuman di Yogyakarta beralamatkan di Jalan Bhayangkara Nomor 63 B, Patuk, atau di sebelah barat Malioboro.

Warung serabi Notokusuman lainnya dapat ditemukan di Jl. Laksda Adi Sucipto 2, Demangan, Gondokusuman, Yogyakarta.

Serabi Notokusuman yang merupakan kuliner khas Solo ini menggunakan tepung beras. Santan yang digunakan ada 2 macam, yakni santan kental dan santan encer.

Serabi Notosuman juga menyediakan dua varian rasa, yakni original dan cokelat. Penggunaan pandan pada bahan masakan membuat serabi ini beraroma sedap. (Tribun Jogja)

 



Close Ads X