Sensasi Melintasi Jembatan Gantung Terpanjang di Indonesia

Kompas.com - 14/01/2019, 12:10 WIB
Wisatawan melintasi Suspesion Bridge yang terletak di kawasan wisata Situ Gunung, Sukabumi, Jawa Barat, Minggu (13/1/2019).Kompas.com/SHERLY PUSPITA Wisatawan melintasi Suspesion Bridge yang terletak di kawasan wisata Situ Gunung, Sukabumi, Jawa Barat, Minggu (13/1/2019).

KOMPAS.com - Situ Gunung Suspension Bridge atau Jembatan Gantung Situ Gunung kian tersohor. Wisatawan dari dalam dan luar negeri berbondong-bondong mengunjungi salah satu obyek wisata yang terletak di Sukabumi, Jawa Barat ini.

Jembatan gantung yang panjangnya mencapai 243 meter dan membentang di ketinggian sekitar 150 meter ini menjadi salah satu daya tarik wisatawan. Menurut tour guide kawasan wisata Situ Gunung, Dadik, jembatan gantung ini merupakan yang terpanjang di Indonesia, bahkan digadang-gadang menjadi yang terpanjang di Asia.

Beberapa waktu yang lalu Kompas.com berkesempatan menyambangi kawasan wisata ini dan mencoba merasakan sensasi menyeberangi jembatan gantung yang terbuat dari susunan kayu ulin dan kayu merbau seberat 80 ton ini.

Baca juga: Berani Uji Nyali di Jembatan Gantung Satu Ini?

Kawasan wisata ini buka setiap hari mulai pukul 07.30 WIB sampai pukul 17.30 WIB.

Untuk dapat melitasi jembatan ini kami harus membayar tiket masuk kawasan wisata Situ Gunung sebesar Rp 50.000 per orang. Kemudian untuk menuju pintu masuk jembatan, kami harus berjalan sekitar 600 meter.

Setelah tiba di pintu masuk, petugas akan memasang sabuk pengaman di pinggang kami.

Gerbang masuk menuju Suspension Bridge, Situ GinUng, Sukabumi, Jawa Barat. Foto diambil pada Minggu (13/1/2019).Kompas.com/SHERLY PUSPITA Gerbang masuk menuju Suspension Bridge, Situ GinUng, Sukabumi, Jawa Barat. Foto diambil pada Minggu (13/1/2019).

"Ini merupakan standar keselamatan kami. Kalau di tengah jembatan tiba-tiba terjadi guncangan, wisatawan dapat mengaitkan sabuk ke ram di tepi jembatan agar posisinya tetap seimbang," ujar Dadik.

Kami kemudian mulai menginjakkan kaki ke badan jembatan. Di ujung jembatan rasanya tak ada yang aneh. Jembatan terasa stabil sehingga berjalan di atasnya hanya seperti berjalan di jembatan penyeberangan pada umumnya.

Para wisatawan memanfaatkan ujung jembatan ini untuk berfoto dan mengabadikan momen menyeberang jembatan panjang ini.

Baca juga: Jembatan Gantung Instagramable Ini Berada di Sungai Oya

Kami terus berjalan menyusuri jembatan. Sekitar 20 meter berjalan, kami mulai merasakan guncangan. Sejumlah pengunjung mulai berpegangan pada ram jembatan di titik itu.

Kemudian bebrapa menit kemudian kami sudah berada tepat di bagian tengah jembatan. Di posisi ini sensasinya luar biasa. Guncangan semakin kencang, dan jika kami melihat ke bagian samping kami akan melihat sungai besar berada tepat di bawah kami.

Wisatawan mengantre untuk melintasi Suspension Bridge, Situ Gunung, Jawa Barat, Minggu (13/1/2019).Kompas.com/SHERLY PUSPITA Wisatawan mengantre untuk melintasi Suspension Bridge, Situ Gunung, Jawa Barat, Minggu (13/1/2019).

Petugas disiagakan di bagian tengah jembatan untuk membantu wisatawan yang mengalami kendala dalam menyeberang.

Namun tenang saja, guncangan berangsur menghilang saat kami mulai mendekati ujung jembatan. Lega rasanya ketika sudah mencapai ujung jembatan.

Dari ujung jembatan, wisatawan dapat melanjutkan perjalanan ke Curug Sawer yang jaraknya sekitar satu kilometer dari jembatan gantung. Benar-benar mendebarkan!


Terkini Lainnya


Close Ads X