Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panduan Menuju Situ Gunung Sukabumi dengan Transportasi Umum

Kompas.com - 15/01/2019, 17:11 WIB
Sherly Puspita,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kawasan wisata Situ Gunung yang terletak di Kecamatan Cisaat, Sukabumi, Jawa Barat,kian digemari wisatawan.

Para wisatawan dalam dan luar negeri berbondong-bondong menyambangi kawasan ini untuk melihat indahnya Situ Gunung, jembatan gantung terpanjang di Indonesia, hingga curug-curug yang terdapat di sekitar kawasan wisata ini.

Bagi wisatawan dari Jakarta, Anda dapat menuju kawasan ini dengan transportasi umum.

Baca juga: Serunya Kemping di Dekat Curug Sawer Situ Gunung

Pertama, dari Jakarta Anda harus menuju Stasiun KRL Bogor terlebih dahulu. Sesampainya di Stasiun Bogor, Anda harus berjalan sekitar 1 kilometer untuk menuju Stasiun Bogor Paledang.

Kemudian Anda harus membeli tiket tujuan Sukabumi. Harga tiket menuju Sukabumi bervariasi mulai dari Rp 35.000 untuk kelas ekonomi hingga Rp 80.00 untuk kelas eksekutif.

Kereta pertama dari Stasiun Bogor Paledang berangkat pukul 07.50 WIB. Stasiun paling dekat dengan Kawsan Wisata Situ Gunung adalah Stasiun Cisaat. Oleh sebab itu Anda harus turun di Stasiun Cisaat, satu stasiun sebelum Stasiun Sukabumi. Anda butuh wakt sekitar 2 jam untuk sampai Stasiun Cisaat.

Kereta api Siliwangi dari Stasiun Bumiayu menuju Stasiun Paledang, Bogor, Jawa Barat, Rabu (1/10/2014). Pemandangan alam dan hamparan sawah menjadi pemandangan selama perjalanan. Kereta api menjadi salah satu transportasi yang dapat digunakan saat berwisata ke Sukabumi. KOMPAS/PRIYOMBODO Kereta api Siliwangi dari Stasiun Bumiayu menuju Stasiun Paledang, Bogor, Jawa Barat, Rabu (1/10/2014). Pemandangan alam dan hamparan sawah menjadi pemandangan selama perjalanan. Kereta api menjadi salah satu transportasi yang dapat digunakan saat berwisata ke Sukabumi.

Sesampainya di Stasiun Cisaat, akan tersedia ojek pangkalan hingga angkot yang dapat Anda jadikan transportasi menuju kawasan wisata.

Jika Anda datang bersama rombongan, menggunakan angkot sewaan bisa jadi piliha terbaik. Biayanya Rp 150.000 untuk satu angkot yang dapat diisi sekitar 8 orang.

Yang menarik, dengan biaya itu, Anda boleh meminta sopir mengantar ke tempat makan atau swalayan terlebih dahulu sebelum menuju Situ Gunung. Sopir akan dengan sabar menunggu Anda selama makan atau berbelanja.

Baca juga: Sensasi Melintasi Jembatan Gantung Terpanjang di Indonesia

Untuk pulang, Anda dapat menggunakan cara yang sama jika Anda sudah menyiapkan tiket kereta untuk pulang.

Namun jika Anda tak memiliki tiket kereta untuk pulang, Anda dapat menggunakan elf tujuan Bogor.

Caranya, Anda dapat menggunakan angkot yang tersedia di sekitar kawsan wisata Situ Gunung untuk menuju Cibolang. Di sana akan tersedia elf tujuan Bogor atau kerap disebut oleh masyarakat sekitar sebagai elf citah.

Baca juga: Inikah Tempat Terbaik Melihat Sunrise di Sukabumi?

Waktu yang Anda butuhkan menuju Bogor dengan elf citah ini akan lebih panjang jika dibandingkan dengan kereta. Waktu yang dibutuhkan dari Cibolang menuju Baranangsiang, Bogor sekitar 3,5 jam.

Sesampainya di Baranangsiang Anda harus melanjutkan perjalanan lagi dengan angkot nomor 03 untuk menuju Stasiun KRL Bogor dan melanjutkan perjalanan kembali ke Jakarta.

Menuju Situ Gunung memang lebih efektif menggunakan kereta api. Selain waktunya lebih singkat, biaya yang dikeluarkan pun lebih hemat. Jadi, persiapkan tiket kereta Anda sebelum berlibur ke Situ Gunung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com