Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tingkatkan Cadangan Devisa, BI Fokus ke Sektor Wisata

Kompas.com - 15/01/2019, 22:09 WIB
Andi Hartik,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi


MALANG, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) fokus kepada sektor wisata untuk menguatkan cadangan devisa. Selama ini, cadangan devisa yang diperoleh dari kunjungan wisatawan menunjukan angka positif.

Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Sugeng menyampaikan, pihaknya sudah megerahkan seluruh komponennya untuk berkoordinasi dengan lembaga terkait untuk pengembangan sektor wisata.

"Ini sudah bergerak dan perangkat di BI sudah ke arah situ semua. Dan kita lakukan dengan pemerintah, kita lakukan rapat koordinasi pusat dan daerah (Rakorpusda). Jadi ada unsur kementeriannya ada unsur dari daerahnya," katanya saat menghadiri serah terima jabatan Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Malang, Senin (14/1/2019).

"Jadi bergerak. BI sudah menjadwalkan di dalam tahun ini sampai akhir 2019, sudah memetakan Rakorpusda empat kali dan BI selalu monitor," imbuhnya.

Sugeng menyampaikan, Rakorpusda itu bertujuan agar upaya pengembangan sektor wisata untuk penguatan devisa bisa maksimal.

"Jadi kita nilai, efektif nggak, maju nggak. Jadi kita nilai, evaluasi terus," katanya.

Dikatakannya, banyak daerah di Indonesia yang memiliki potensi wisata. Seperti Raja Ampat di Papua, Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur (NTT), Mandalika di Nusa Tenggara Barat (NTB) serta di Pulau Jawa yang memiliki banyak ikon wisata.

"Di Malang punya potensi yang cukup besar," katanya.

Selain sektor wisata, BI juga mendorong peningkatan di sektor ekspor dan UMKM untuk peningkatan ekonomi Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com