Berburu Wetsuit "Ramah Kantong", Modal Awal Belajar Menyelam

Kompas.com - 17/01/2019, 13:10 WIB
Program Try Scuba Diving (TSD), program khusus untuk pemula dengan lokasi di kolam renang SenayanDokumentasi Global Dive Center Program Try Scuba Diving (TSD), program khusus untuk pemula dengan lokasi di kolam renang Senayan

KOMPAS.com - Scuba diving atau menyelam menggunakan alat merupakan salah satu olahraga air yang memerlukan biaya tinggi.

Bayangkan saja sebelum bisa menyelam, kita diwajibkan mengikuti sertifikasi terlebih dahulu dengan rata-rata biaya mencapai Rp 7 juta untuk kelas open water diver yang memungkinkan kita menyelam dengan kedalaman maksimum 18 meter.

Belum lagi berbagai perlengkapan yang harganya lumayan bikin melongo.

Scuba Open water Diver Instructure dari Professioal Association of Diving Instructors (PADI) Bakti Suhendarwan mengatakan salah satu alat penting yang menjadi modal seseorang yang mulai belajar menyelam adalah wetsuit.

"Walaupun masih latihan di kolam, penggunaan wetsuit sangat dianjurkan. Karena akan membuat penyelam terbiasa menggunakan wetsuit yang dapat mengapung di air dan bermanfaat untuk melatih kontrol ketika penyelam harus menyelam dan naik ke permukaan. Kalau untuk alat yang lain masih bisa menyewa. Kalau untuk wetsuit memang harus nyaman digunakan," ujar Bhakti.

Kompas.com saat melalui tahapan latihan untuk mendapatkan sertifikat menyelam dari PADI.PADI Kompas.com saat melalui tahapan latihan untuk mendapatkan sertifikat menyelam dari PADI.

Saat ini Kompas.com tengah mengikuti sertifikasi Open Water Diver PADI. Sebelum mulai latihan tahap pertama, kami pun mencari tahu harga dan tempat pembelian wetsuit.

Ada banyak merek yang menjual peralatan selam seperti Mares, Scubapro, Aqualung, Amscud, IST, dan lain sebagainya.

Sejumlah toko online memang menjual berbagai merek wetsuit dari harga Rp 500.000 hingga belasan juta rupiah. Namun tak yakin jika tak mencoba wetsuit yang hendak dibeli terlebih dahulu, maka kami putuskan untuk berburu wetsuit di sejumlah toko di sekitaran Jakarta.

Baca juga: Berapa Minimum Biaya Diving untuk Pemula di Raja Ampat?

Toko yang pertama kali kami sambangi adalah Master Selam yang terletak di Jalan Bangka Raya nomor 39 A, Mampang, Jakarta Selatan. Tokonya cukup besar dan perlengkapan diving yang dijajakan cukup lengkap.

Di toko itu, wetsuit yang dijajakan adalah merek Aqualung. Harganya mulai dari Rp 3,4 juta hingga belasan juta rupiah. Meski kami akan mendapatkan diskon sebesar 10 persen jika kami menyebutkan nama instruktur kami, harga itu belum pas di kantong pemula seperti kami. Namun untuk penyelam prosfesional, toko ini sangat disarankan.

Kompas.com saat melalui tahapan latihan untuk mendapatkan sertifikat menyelam dari PADI.PADI Kompas.com saat melalui tahapan latihan untuk mendapatkan sertifikat menyelam dari PADI.

Toko kedua yang kami sambangi adalah Aquatic Dynamic Dive Center yang berlokasi di Jalan Makaliwe Raya nomor 44, Grogol Petamburan, Jakarta Barat. Di toko ini pilihan merek wetsuit yang dijual cukup beragam. Harganya mulai dari Rp 2,4 juta. Nampaknya harga ini masih cukup tinggi bagi kami.

Bhakti, instruktur kami kemudian menyarankan kami membeli wetsuit merek IST.

Halaman:



Close Ads X